Klaten Dikepung Banjir, Aktivitas Pasar Masaran Lumpuh

Banjir mengenang daerah Muker, Melikan, Wedi | Foto: twitter @kabarklaten/Info Seputar Wedi @InfoSeputarWedi
Mari berbagi

JoSS, KLATEN – Tanggul Kali Dengkeng di RW 007, Dukuh Turasan, Japanan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, jebol, pada Rabu (6/3) malam. Selain menggenangi puluhan hektare areal pertanian siap panen, sebanyak 70 kepala keluarga (KK) di dukuh setempat terisolasi.

Hingga Kamis (7/3) siang, air masih menggenangi ruas jalur utama di Kecamatan Cawas, Klaten seperti ruas jalan Bayat-Cawas di Desa Bawak, Cawas-Pedan di Desa Bawak dan Desa Cawas. Selain menghambat akses warga, luapan air sungai membuat aktivitas Pasar Masaran lumpuh.

Ruas jalan Cawas-Jentir di wilayah Desa Cawas dan Desa Barepan juga terendam. Luapan sungai juga merendam Puskesmas 1 Cawas, Kantor Kecamatan Cawas, serta Kantor Pegadaian Cawas.

Salah satu petugas keamanan Pasar Masaran, Antok, mengatakan luapan air sungai tak sampai menggenangi bagian dalam pasar. Hanya, akses menuju pasar tersebut tersendat lantaran banjir masih menggenangi sejumlah akses menuju pasar.

Jumlah pedagang pasar lebih dari 500 orang. Sebagian besat pedagang memilih pindah jualan di kawasan SPBU Cawas lantaran akses. “Terutama untuk pedagang oprokan dan los. Kalau pedagang kios memang tidak berjualan,” kata dia saat ditemui di Pasar Masaran, Kamis (7/3) seperti dirilis Solopos.com.

Baca juga: Bupati Tetapkan Madiun Darurat Banjir 6.000 Warga Mengungsi

Salah satu pedagang buah, Musiyem (70), mengatakan terpaksa masih berjualan di Pasar Masaran lantaran tak bisa menjangkau tempat para pedagang berjualan di kawasan SPBU Cawas.

Hal ini lantaran ia hanya mengendarai sepeda kayuh dari rumahnya di Desa Banyuripan, Kecamatan Bayat sementara akses menuju ke kawasan SPBU sudah terhalang banjir.”Belum ada yang pembeli sampai siang ini,” kata Musiyem.

Camat Cawas, Sofan, mengatakan air yang sebelumnya menggenangi permukiman dan jalan mulai surut sekitar 10 sentimeter. Hingga Kamis pukul 10.30 WIB, air masih menggenangi sejumlah ruas jalan utama setinggi 30-40 sentimeter.

“Pasien rawat inap di puskesmas sudah dievakuasi karena kebanjiran. Mereka dipindahkan ke RSI Cawas,” katanya.

Berdasarkan informasi, Rabu sekitar pukul 14.00 WIB ini mengakibatkan volume air di Kali Dengkeng meningkat drastis.

Pukul 18.00 WIB, warga di RW 07, Paseban dikagetkan dengan luapan air akibat jebolnya tanggul Kali Dengkeng. Warga tak berani mendekati bibir Kali Dengkeng karena kondisi di sekitar Paseban masih diguyur hujan.

“Di RW 07 ada 70 kepala keluarga (KK). Lokasi di sini persis di bagian utara Kali Dengkeng. Posisi tanggul memang kurang baik sehingga jebol. Harapannya dapat diperbaiki permanen. Di sini memang salah satu daerah langganan banjir. November 2017, kami sempat terisolasi karena banjir. Kalau kondisinya hujan terus seperti ini, kemungkinan bisa terisolasi lagi ,” kata Ketua RW 07 Desa Paseban, Suparli. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*