COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

113.134

115.056

2%

Kasus Baru

1.679

1.922

14%

Update: 4 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Jalur Ganda Palur-Kedungbanteng Resmi Beroperasi, Madiun –Jombang Siap-siap

Kedungbanteng
Jalur rel ganda dari Stasiun Palur | Foto: twitter
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, KARANGANYAR – PT Kereta Api Api Indonesia mulai mengoperasikan jalur rel ganda dari Stasiun Palur, Karanganyar hingga Stasiun Kedungbanteng, Ngawi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Peresmian jalur sepanjang 34 km ini dilakukan di Stasiun Kemiri, Karanganyar, Selasa (5/3).

Kepala PT KAI Daop 6 Eko Purwanto mengatakan dengan adanya pengoperasian double track ini mendukung rencana penambahan perjalanan KA di wilayahnya. Misalnya dengan memperpanjang rute KA Prameks hingga ke Palur.

Dia berharap adanya jalur ganda ini juga diharapkan dapat memperlancar arus mudik dan balik saat lebaran tahun ini. “Stasiun Palur juga masih dalam proses pembangunan. Ini untuk melayani masyarakat Karanganyar, jadi tidak perlu ke Solo dulu,” katanya.

Hadir dalam peresmian, Direktur Prasarana Perkeretaapian Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zamrides. Dia menambahkan pengoperasian rel ganda itu diharapkan mampu meningkatkan keamanan perjalanan kereta api.

“Jalur rel ganda yang dioperasikan hari ini panjangnya 34 kilometer. Dengan adanya jalur ganda ini, perjalanan kereta bisa semakin lancar. Waktu tempuh Solo-Kedungbanteng yang sebelumnya 45 menit, sekarang bisa 30 menit,” kata Zamrides.

Baca juga: Double Track Rel KA di Stasiun Palur Segera Dioperasikan

Dia menuturkan, pengerjaan jalur ganda ini membutuhkan waktu hingga hampir dua tahun.Dari hasil uji coba yang dilakukan, jalur rel ganda itu sudah bisa dilalui oleh rangkaian kereta api reguler dengan lancar. Uji coba dilakukan dengan kecepatan kereta api yang terbatas.

“Mulai hari ini jalur ganda Palur-Kedungbanteng ini mulai dilalui kereta api reguler dengan kecepatan normal,” kata Zamrides.

Selanjutnya, KAI akan mengoperasikan jalur ganda yang menghubungkan Stasiun Jebres ke Palur. Rencananya, pengoperasian jalur Jebres-Palur akan dilakukan April 2019. “Nanti akan menyusul Kedungbanteng-Madiun dan Madiun-Jombang. Semoga bisa dioperasikan tahun ini,” ujarnya.

Dia menuturkan, saat ini pihaknya juga tengah mengerjakan jalur rel ganda dari Stasiun Palur menuju Stasiun Solo Jebres. Dia berharap pekerjaan itu bisa selesai April besok. “Sehingga jalur ganda bisa tersambung hingga Stasiun Balapan, Yogyakarta hingga Purwokerto,” katanya.

Menurut Zamrides, saat ini pihaknya juga mulai mengoperasikan jalur rel ganda dari Kroya hingga Purwokerto yang berjarak 27 kilometer. “Termasuk juga terowongan baru di Kroya juga mulai difungsikan secara permanen,” katanya.

Meski demikian, dia belum menghitung dampak pengoperasian jalur rel ganda itu terhadap waktu tempuh kereta api. “Tujuan utamanya adalah untuk keselamatan perjalanan kereta api,” kata dia.

PT Kereta Api Indonesia sebagai pengguna juga memiliki peluang untuk menambah frekuensi perjalanan kereta api. “Misalnya dengan mengoperasikan kereta commuter,” katanya. Langkah itu juga bisa berdampak terhadap aktivitas stasiun-stasiun kecil yang selama ini kurang difungsikan. (lna)

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*