Gunung Agung Erupsi Hujan Pasir dan Abu Landa Karangasem Bali

Aktivitas Gunung Agung | Foto: rmco.id/antara
Mari berbagi

JoSS, KARANGASEM – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM melaporkan telah terjadi erupsi Gunung Agung pada Kamis (28/3) pukul 18.25 WITA. Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 32 detik.

“Kolom abu tidak teramati, suara gemuruh terdengar sampai pos pengamatan,” demikian laporan PVMBG dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/3).  Saat ini, Gunung Api Agung berada pada level III (siaga). PVMBG lantas memberikan sejumlah rekomendasi.

Rekomendasi tersebut di antaranya, masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya, yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

“Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru,” tulis laporan PVMBG.

PVMBG juga mengimbau masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder.

Baca juga: Cuaca Ekstrim PT KAI Waspadai Bencana dan Perlintasan Sebidang

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali Made Rentin melaporkan perkembangan terkini terkait erupsi Gunung Agung. Menurut Made Rentin, telah terjadi hujan pasir dan abu serta kerikil dengan intensitas rendah dan tinggi di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

“Terjadi hujan pasir dengan intensitas cukup deras di Dusun Cegi, Desa Ban, Kecamatan Kubu. Terjadi hujan abu dan kerikil dengan intensitas ringan di Dusun Pucang, Desa Ban, Kecamatan Kubu,” ujar Made Rentin dalam rilisnya.

Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV memastikan erupsi Gunung Agung tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kepala Otoritas Bandar Udara Ngurah Rai Elfi Amir menyatakan erupsi Gunung Agung tidak berdampak signifikan terhadap aktifitas penerbangan, seluruhnya berjalan normal sesuai jadwal. Pihaknya terus memantau perkembangan dan selalu melaporkan situasi terkini kepada seluruh pihak terkait.

“Tidak ada dampak dari erupsi Gunung Agung, Semua penerbangan berjalan normal,” kataya seperti dikutip dari Detik.com. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*