Gunakan Telescope Menikmati Borobudur Kini Bisa Dari Desa Nglinggo

Mari berbagi

JoSS, KULONPROGO – Di desa wisata Nglinggo yang terletak di kawasan bukit Menoreh, Pagerharjo, Kulonprogo kini disiapkan 20 telescope untuk meneropong Borobudur.

Dengan telescope ini wisatawan nantinya bisa melihat Candi Borobudur dari jauh, tak harus datang ke lokasi candi tersebut.

Dirilis Okezone.com, desa wisata yang terletak di kawasan bukit Menoreh, Pagerharjo, Kulonprogo tersebut memang sekarang sedang menjadi salah satu tempat berlibur alternatif di DIY yang populer. “Karena itu kami sangat serius untuk mengangkat potensi Nglinggo,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kulonprogo, Niken Purboraras.

Nglinggo yang tahun lalu menjadi juara nasional Desa Wisata berbasis masyarakat tersebut, memang menjanjikan sejumlah panorama dan suasana menarik.

Ada kebun teh yang terhampar menghijau, dimana wisatawan dapat memetik dan memasaknya menjadi minuman, kemudian hamparan tanaman kopi, hutan untuk offroad, ada juga air terjun Watu Jonggol yang lokasinya agak tersembunyi di ketinggian 900 Dpl sehingga masih terlihat perawan.

Baca juga: Spot Cantik Taman Bunga Ragil Kuning Boyolali

Yang tak kalah menarik ada bukit Isis. Jangan bayangkan nama itu adalah kelompok yang suka mengacau di Timur Tengah itu, namun makna Isis dalam Bahasa Jawa adalah semilir karena lokasinya di bukit penuh dengan pohon rindang, sehingga angin semilir sejuk disana.

Dari bukit inilah sama-samar memandang ke arah utara kelihatan Candi Borobudur. Nglinggo tak mau kalah dengan desa wisata yang lain, menurut Ketua Pokdarwis Pagerharjo, Yoko, dibuat banyak untuk lokasi swafoto. Karenanya, lokasi yang Instagramable banyak diminati.

Desa wisata Nglinggo juga punya kesenian tradisional yang menarik seperti Lengger atau Angguk. Seni tari-tari Angguk tersebut pernah menjadi juara nasional. Niken optimis, dengan sejumlah fasilitas yang akan diberikan ke Nglinggo dan sejumlah desa wisata lainnya, Kulonprogo akan menjadi destinasi yang potensial.

Borobudur sendiri kini juga boleh dibilang ramah dengan kalangan disabilitas. Mengawali tahun baru 2019, para penyandang disabilitas bisa mengeksplorasi keindahan Candi Borobudur lebih detail.

Track khusus bagi kaum disabilitas di Candi Borobudur, memiliki panjang sekitar 495 meter. Jalur ini menghubungkan gerbang utama dengan spot terdekat candi.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana mengungkapkan, track khusus ini akan memudahkan mobilitas kaum disabilitas saat berada di kawasan objek wisata tersebut.

“Jalur khusus penyandang disabilitas cukup panjang. Jalur ini akan memudahkan pergerakan para pengunjung. Terutama, mereka yang berkebutuhan khusus. Mereka akan semakin mudah menjangkau kawasan candi. Jalur ini memang didesain sedekat mungkin dengan candi,” ungkap I Gusti Putu Ngurah Sedana. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*