Baznaz – Kodim Perbaiki 105 RTH

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang menggandeng Kodim 0733/BS untuk melakukan rehabilitasi Tumah Tidak Layak Huni (RTLH). Di tahun ini, direncakan ada 105 rumah yang akan diperbaiki keduanya.

Menurut Ketua Baznas Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara, jumlah ini naik lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 70 unit. Selain itu, nominal anggaran perbaikan juga bertambah dari Rp12,5 juta menjadi Rp14 juta.

“Seiring dengan capaian pengumpulan zakat yang mencapai Rp6 miliar di tahun 2018, kami juga menambah cakupan penerima serta besaran nominalnya,” terangnya kepada JoSS.co.id di Semarang, Jumat (8/3).

Dijelaskan, pihaknya berharap kerjasama ini memberikan manfaat positif bagi warga penerima. Selain itu, dari kerjasama yang dilakukan selama ini, warga mengakui jika hasil yang dikerjakan jauh lebih optimal dibanding rehab lainnya sehingga layak ditiru oleh stakeholder lain.

Baca jugaWartawan Kulonprogo Bedah Rumah Warga Miskin

Ditambahkan, program regular rehabilitasi RTLH merupakan salah satu program ungulan pihaknya. Selain dengan Kodim, pihaknya juga bekerjasama dengan stakeholders lainnya seperti Polrestabes, MIKSemar, Lindu Aji, Gapensi dan masih banyak lagi.

“Alhamdulilah seiring dengan meningkatnya kesadaran membayar zakat melalui Baznas, meningkat pula jumlah penerima dan besarannya,” tukasnya.

Arnaz menegaskan, target pengumpulan zakat, infak dan sodakoh di tahun 2019 mencapai Rp8 miliar. Untuk itulah, pihaknya juga akan membuka Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di Kodim 0733/BS sebagai salah satu tulangpunggung unit pengumpul zakat di Baznas Kota Semarang selain di lingkup Pemkot Semarang.

Ke depan pihaknya tidak hanya akan memperbaiki fisik rumah namun juga akan memberikan pelatihan ekonomi bagi warganya agar dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan mereka.

Dandim 0733/BS Letkol Zubaedi menambahkan pihaknya sangat berharap kerjasama ini ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya. Pasalnya, selain menunjukkan kedekatan dengan rakyat, TNI juga ingin memberikan bakti kepada warga.

“Kodim ini akan selalu ada meski pemimpinnya bergonta-ganti, tapi program untuk warga akan selalu ada membantu warga selain tugas pengamanan territorial. Semoga hal-hal yang kami lakukan ini bermanfaat bagi lingkungan, bangsa dan negara,” katanya. (gus/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*