Rumput Stadion Citarum Segera Diganti Dengan Sintetis

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang pada tahun ini akan mengganti rumput Stadion Citarum dengan rumput sintetis. Untuk merealisasikan proyek renovasi itu disiapkan anggaran sebesar Rp17 miliar.

Sekretaris Distaru Kota Semarang M Irwansyah menjelaskan saat ini progres sudah memasuki tahap finalisasi Detail Engineering Design (DED). Dengan demikian, tak lama lagi pihaknya akan menyiapkan dokumen lelang.

“Saat ini finalisasi DED termasuk perlengkapan buat lelang, minggu depan masuk proses lelang,” terangnya kepada JoSS.co.id di Semarang, Kamis (7/2).

Dijelaskan, pembangunan utama Stadion Citarum meliputi perbaikan drainase, dan pemasangan rumput sintetis. Pemilihan rumput sintetis sendiri tidak main-main dengan menggunakan rumput sintetis Polytan yang berasal dari Jerman.

Jenis rumput ini merupakan standar FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia. Diharapkan para atlet akan semakin nyaman menggunakannya dan akan lahir atlet-atlet hebat dari Semarang.

Baca jugaStadion Kridosono Bakal Jadi Ruang Terbuka Publik dilengkapi Parkir Basement

“Alasan penggunaan rumput sintetis karena memang saatnya sekarang sudah modern selain itu secara teknis lokasi di Stadion Citarum rumput alami tidak bisa tumbuh subur dan hijau. Hal ini dikarenakan kondisi air tanah yang memiliki kandungan garam tinggi,” tukasnya.

Selain itu, alasan lainnya adalah semangat dari Walikota Semarang untuk membangunan fasilitas sport center yang memiliki standar internasional.

Dengan kehadiran lapangan bola berstandar internasional, ia yakin para atlet akan semakin terbiasa menggunakan lapangan berumput sintetis.

Adapun spesifikasi rumput sendiri dirancang untuk ruang terbuka sehingga tidak perlu khawatir akan rusak jika terkena hujan atau cuaca panas.

“Untuk peserta lelang juga kita pilih yang memiliki spesifikasi khusus dalam hal pembangunan stadion, sudah berpengalaman, dan punya referensi soal rumput sintetis, sehingga hasil dari pekerjaannya akan maksimal,” katanya.

Irwansyah menargetkan, pemugaran Stadion Citarum sendiri akan selesai pada akhir tahun 2019, dimana awal tahun 2020 stadion tersebut dapat digunakan atau dioperasikan.

“Lama pengerjaanya kurang lebih 8 bulan, sehingga diharapkan akhir tahun selesai, dan awal tahun sudah bisa digunakan,” imbuhnya.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah membangun sport centre untuk lapangan futsal, bola voli dan badminton di tiap kecamatan.

Khusus untuk lapangan futsal, juga sudah menggunakan rumput sintetis seperti seperti yang sudah dibangun di Slaman Mloyo, Gayamsari, Pandean, Tembalang dan Jrakah. (gus/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*