Ditentang Parlemen AS, Arab Saudi Bela Aplikasi ‘Awasi’ Perempuan

Arab Saudi
Aplikasi Absher dari Arab Sausi | Foto: google: new york times
Mari berbagi

JoSS, ARAB SAUDI – Aplikasi yang memungkinkan seorang pria melacak kerabat perempuannya menjadi kontroversi antara kelompok hak asasi manusia dan juga seorang anggota parlemen AS yang mengkritisi penggunaannya.

Arab Saudi justru melakukan pembelaan terhadap keberadaan aplikasi seluler ini.
Dilansir CNNIndonesia.com, Absher, aplikasi yang ramai dibicarakan ini memiliki layanan untuk semua anggota masyarakat, termasuk perempuan, orang tua hingga orang yang memiliki kebutuhan khusus.

Dilansir dari AFP, Kememterian Dalam Negeri Arab Saudi mengungkapkan aplikasi tersebut gratis dan memungkinkan pengguna memperbaharui paspor, visa dan mempermudah layanan elektronik lainnya.

Aplikasi gratis ini tersedia di smartphone Android dan Apple. Sayangnya, para kritikus mengatakan aplikasi ini memungkinkan pelecehan terhadap perempuan dan anak dengan memungkinkan laki-laki untuk melacak gerakan mereka.

CEO Apple Tim Cook mengatakan kepada US National Public Radio awal minggu ini bahwa dia belum pernah mendengar aplikasi tersebut, tetapi akan segera memeriksanya.

Senator AS Ron Wyden telah meminta Apple dan Google untuk menghapus aplikasi tersebut, dengan alasan di Twitter bahwa aplikasi tersebut itu mempromosikan praktik-praktik pelecehan terhadap wanita.

Di bawah hukum Saudi, perempuan harus memiliki persetujuan dari suami atau kerabat dekat pria untuk memperbarui paspor atau meninggalkan negara.

Kerajaan telah menahan sejumlah aktivis hak asasi manusia dan wanita, beberapa dari mereka dituduh merusak keamanan nasional, dengan sedikit informasi publik tentang keberadaan mereka atau status hukum kasus mereka.

Baca juga: Pengusaha Travel Umrah Tolak Kebijakan Saudi Terkait Rekam Biometrik

Namun baik Google dan Apple menghadapi tekanan untuk menghapus aplikasi mobile yang dapat dimanfaatkan laki-laki di Arab Saudi dalam melacak dan membatasi pergerakan istri dan anak perempuan mereka.

Aplikasi bernama Absher ini diluncurkan pemerintah Arab Saudi pada tahun 2015 lalu, dan saat ini tersedia di App Store dan Google Play. Melalui aplikasi ini, warga Saudi dapat menggunakan smartphone untuk membayar tiket lalu lintas, memperbarui kartu izin mengemudi, dan mengakses layanan pemerintah lainnya.

Namun, aplikasi ini juga dirancang untuk mengikuti hukum penjagaan kontroversial Arab Saudi, yang dituduh membatasi hak perempuan.

Pada awal bulan ini, Insider menulis artikel terkait Absher dan cara aplikasi memungkinkan laki-laki Saudi menentukan waktu dan lokasi istri dan anak perempuan mereka yang diizinkan untuk dikunjungi.

Aplikasi ini juga mengirimkan SMS peringatan saat perempuan menggunakan paspor untuk melintasi batas negara atau melakukan check-in di bandar udara. Kemampuan ini yang menjadikan aplikasi lebih efektif terkait dengan menghentikan perempuan Saudi melarikan diri dari kondisi yang melibatkan kekerasan.

Setidaknya sebanyak 1.000 perempuan mencoba melarikan diri dari Arab Saudi per tahun. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*