Hendi : Bayar Pajak Bisa Pakai Aplikasi Go-Pay

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pemkot Semarang melakukan terobosan baru dimana Wajib Pajak (WP) dapat membayarkan Pajak Bumi Bangunan (PBB) melalui aplikasi online Go-Pay. Tujuannya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Walikota Semarang Hendrar Prihadi, eranya sudah berbeda sehingga pihaknya memberikan banyak kemudahan bagi warga dalam membayarkan PBB. Melalui inovasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan realisasi penerimaan pajak daerah.

“Kami ingin mempermudah warga. Kini bayar PBB tak perlu harus bawa uang cash dan datang ke Pemkot atau ke Kecamatan. Bisa langsung bayar pakai aplikasi Go-Pay,” terangnya kepada JoSS.co.id di Semarang, Minggu (30/12).

Dijelaskan, pembayaran pajak melalui aplikasi berbasis android itu diluncurkan aunching saat jalan sehat tertib pajak daerah dalam Rangka Penyampaian SPPT PBB Tahun 2019 yang diikuti Kecamatan, Kelurahan, RT dan RW se-Kota Semarang. Sekurangnya 3000 warga mengikuti kegiatan ini.

Hendi meyakini kemudahan pembayaran PBB ini dapat meningkatkan penerimaan pajak daerah dari sektor PBB. Menurutnya, dari pembayaran wajib pajak yang sudah berjalan, masih ada potensi 30 persen yang bisa ditingkatkan.

“Pembayaran PBB penting untuk menyangga pembangunan di Kota Semarang. Sehingga semakin tinggi penerimaan pajak maka pembangunan di Kota Semarang semakin baik,” tukasnya.

Ia berharap penerimaan pajak dari PBB bisa meningkat melebihi Rp 410 miliar dari target Rp 348,5 miliar pada 2018. Di samping itu, juga dapat mengejar target penerimaan PBB pada tahun 2019 yang meningkat menjadi Rp 380 miliar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang Yudi Mardiana mengatakan, digandengnya Go-Pay dalam hal pembayaran PBB ini dimaksudkan untuk meningkatkan penerimaan pendapatan dari sektor PBB.

Sehingga diharapkan dengan mempermudah pembayaran, maka tingkat kepatuhan wajib pajak juga akan meningkat.

“Wajib pajak bisa membayar dari rumah dan dari manapun. Dengan fasilitas ini kami yakin tahun 2019 bisa meningkatkan pencapaian pajak. Minimal bisa mencapai 80 persen dari target,” katanya.

Dituturkannya, inovasi pembayaran ini tak lepas dari perwujudan Semarang Smart City, masuknya Go-Pay diharapkan semakin mendorong terbentuknya Smart Society masyarakat Kota Semarang.

Baca juga: Malam Pergantian Tahun Hendi Ajak Warga Saksikan Peluncuran Semarang Bridge Fountain

Masyarakat yang ingin membayar PBB menggunakan Go-Pay cuma butuh beberapa langkah mudah, cukup dengan melakukan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran PBB menggunakan aplikasi Go-Jek dan memasukkan jumlah yang harus dibayar.

“Cukup melakukan scan code QR nanti langsung ketik jumlah nominal yang harus dibayar sesuai yang tercantum dalam SPT,” jelasnya.

Dengan peningkatan PBB, maka Bapenda akan mampu mengejar penerimaan asli daerah (PAD) dari sektor pajak yang ditargetkan pada 2019.

Pada 2018 ini, PAD Kota Semarang dari sektor pajak terealisasi Rp 1,314 triliun dari target Rp 1,238 triliun. Di mana PBB sendiri menyumbang PAD terbanyak yaitu sebesar Rp 401,1 miliar.

Head of Sales Go-Pay Arno Tse mengakui jika sebagai perusahaan teknologi asal Indonesia, pihaknya ingin mempermudah akses layanan keuangan bagi jutaan keluarga di Indonesia terutama masyarakat yang memiliki akses terbatas terhadap layanan keuangan formal.

“Inovasi pembayaran non-tunai di Kota Semarang tidak kali ini saja, sebelumnya telah ada yaitu pembayaran BRT Trans Semarang dan telah mendapatkan sambutan yang baik. Sejak Go-Pay diperkenalkan, transaksi non-tunai di Trans Semarang naik sangat signifikan,” katanya. (Gus/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*