Tak Bisa Beli Solar, Petani Boyolali Protes SPBU

petani
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, BOYOLALI – Puluhan petani di Boyolali mendatangi Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) setempat Senin (28/1) karena dalam sepekan terakhir mereka kesulitan membeli solar untuk keperluan bahan bakar mesin pertanian.

Puluhan petani Desa Karangduren, Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali dengan membawa mesin pertanian, seperti traktor atau alat pembajak sawah dan perontok padi, mendatangi SPBU Karangduren Sawit Boyolali, meminta kejelasan manajemen SPBU Karangduren, karena sudah hampir sepekan tidak bisa bekerja akibat kesulitan mendapatkan solar.
Menurut Warjio (58), petani asal Desa Karangduren.

Para petani sudah sepekan ini kesulitan mendapatkan solar untuk mengoperasikan mesin pertanian. Padahal, katanya, permintaan untuk pembajakan sawah musim hujan ini cukup tinggi.

“Kami hampir setiap hari menerima pesanan jasa membajak sawah milik petani. Namun, petani kesulitan untuk mendapatkan solar sehingga mereka tidak bisa bekerja,” katanya.

Warjio mengaku rata-rata membutuhkan solar untuk pengoperasikan mesin pertanian antara 8 liter hingga 9 liter.

Namun, para petani yang membeli solar di SPBU setempat selama sepekan ini tidak dilayani. Petugas SPBU menyatakan tidak menerima pembelian solar dari petani dalam jumlah berapa pun.

Baca juga: Target Produksi 2 juta Gesits Perpres Motor Listrik Dikebut

Padahal, katanya, para petani penggarap saat ini sudah menebar benih di sawah sehingga akibat ketiadaan solar, petani tidak tanam karena lahan belum siap. Dampaknya beberapa sawah yang siap tanam harus tertunda pengerjaannya.

Kepala Desa Karangduren, Sawit, Hariyanto, mengatakan peristiwa tersebut terjadi salah paham antara pembajak sawah dengan petugas SPBU. Pembajak sawah yang ingin membeli solar wajib membawa surat pengantar asal desa.

Namun, pihaknya bersama para petani kemudian melakukan dialog agar dapat kembali membeli solar di SPBU.
Romadhon, pengawas SPBU Karangduren, mengatakan pihaknya tidak melayani pembelian solar untuk petani karena masih ada pemeriksaan dari BPK RI.

“Selama pemeriksaan itu, kami tidak berani melayani penjualan solar untuk petani,” kata Romadhon.

Namun, setelah ada aksi dan dilakukan dialog dengan pimpinan, diputuskan SPBU dapat melayani pembelian solar untuk petani dengan syarat ada surat rekomendasi dari desa atau kelurahan setempat.

Petani diizinkan membeli solar untuk membajak sawah maksimal 40 liter per hari. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*