Target Produksi 2 juta Gesits Perpres Motor Listrik Dikebut

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pemerintah Indonesia menargetkan produksi motor listrik Gesits 2 juta unit pada tahun depan. Komitmen pemerintah tersebut terlihat dari percepatan menyusunan regulasi motor listrik melalui Peraturan Presiden (Perpres).

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sepeda motor listrik buatan lokal Gesits mampu diproduksi sebanyak 7 juta unit setahun.

Namun tahap awal pemerintah menargetkan produksi sepeda motor listrik bisa mencapai 2 juta.

“Kita cover 2 juta saja, saya kira dampaknya sangat luar biasa,” katanya, (Senin 14/1), seperti dikutip dari CNBC.

Dia mengatakan, soal angkutan publik, memang banyak yang bertanya-tanya mengapa tak langsung ke sedan atau kendaraan pribadi.

“Ini, kadang suka bilang dikuasai China padahal Jepang lebih mengontrol kita. 94% mobil di Indonesia itu mobil Jepang. Jadi bertahap dulu jangan buru-buru,” tuturnya.

Lagipula, lanjut dia, angkutan publik dan sepeda motor bisa memiliki dampak signifikan untuk kurangi polus seperti dilakukan China saat Olimpiade 2008.

“Sekarang jauh lebih bagus karena di Beijing tidak ada lagi sepeda motor BBM, semua baterai dan juga angkutan publik.”

Luhut mengatakan akan digelar rapat terbatas mengenai perpres untuk kebut kendaraan listrik.

“Kita mungkin akan pilih Keppres jadi belum mau disclose di sini,” jelasnya.

Luhut menjelaskan fokus pemerintah pertama adalah mengkonversi transportasi publik dari penggunaan BBM ke listrik terlebih dulu.

Lalu dilanjutkan ke sepeda motor yang direncanakan bisa mulai direalisasikan tahun depan.

“Kami sudah berpikir akhir tahun depan itu ana yang dialokasikan untuk sepeda motor APBN itu harus segera dibelikan sepeda motor listrik, sehingga bisa kurangi polusi dan impor kita,” katanya.

Baca jugaMenristekdikti: Instansi Pemerintah Wajib Gunakan Motor Listrik

Sepeda motor Gesits sendiri diinisiasi oleh Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Di mana kemudian juga ikut bergabung sejumlah perusahaan termasuk BUMN PT Wijaya Karya Tbk, PT Pertamina, PT Telkomsel.

Dari pihak swasta ada PT Gesits Technologies Indo (GTI), yang kemudian bersama dengan PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi membentuk anak usaha yakni PT Wijaya Manufakturing (WIMA). WIMA ini lah yang akan memproduksi Gesits secara massal.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan pihaknya masih mematangkan Perpres tentang bermotor listrik.

Jokowi menyebut perpres tersebut dibahas dalam Rapat Terbatas Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik.

Namun, Jokowi belum bisa memastikan kapan perpres tersebut akan dirinya teken dan umumkan.

“Jadi roadmap-nya seperti apa, tahun berapa harus sudah ada, presentase berapa. Tapi tadikan baru ratas (rapat terbatas) ya nanti kalau perpres-nya sudah selesai, sudah final nanti saya sampaikan,” kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/1).

Jokowi menyatakan Indonesia memiliki peluang untuk menjadi pemain kendaraan bermotor listrik karena memiliki produksi baterai lithium.

Menurutnya, Indonesia mempunyai sumber daya berupa nikel, kobalt, hingga mangan sebagai bahan baku baterai untuk kendaraan listrik.

“Jadi ini strategi bisnis negara ini harus mulai diatur sehingga nanti kita bisa melakukan sebuah lompatan menuju ke sebuah produk baik motor maupun mobil,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*