fbpx Press "Enter" to skip to content

Putra Mahkota Pakualaman Gaet Dokter Cantik

Jumat, 4 Januari 2019
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Puro Pakualaman bakal menggelar acara besar berupa pernikahan agung atau dhaup ageng. BPH Kusumo Bimantoro, putra sulung KGPAA Paku Alam X, akan menikah dengan gadis pilihannya.

Adalah Maya Lakshita Noorya, dokter cantik yang berhasil meraih hati BPH Kusumo Bimantoro kandidat terkuat putra mahkota dinasti Pakualaman. Prosesi pernikahannya akan dilangsungkan Hari Sabtu (5/1) mendatang di Bangsal Sewotomo, Pura Pakualaman, Yogyakarta.

Dokter Maya lahir di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 27 April 1991. Dia merupakan putri pasangan Ir H Mandiyo Priyo MT dengan Dra Hj Rini Wijayanti MPd. Masa kecil dan jenjang studi dokter Maya banyak dihabiskan di Yogyakarta.

“Jenjang pendidikan ditempuhnya mulai dari TK Masjid Syuhada Yogyakarta, SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta, SMP N 5 Yogyakarta, dan SMA N 5 Yogyakarta,” ujar Ketua 1 Dhaup Ageng, KRT Radyowisroyo, Kamis (3/1) seperti dikutip dari Detik.com.

Usai lulus dari SMA N 5 Yogyakarta, Maya memilih melanjutkan studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Dia mengambil jurusan Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.

“Visinya dalam bidang kesehatan adalah meningkatkan pelayanan kesehatan dengan mengedepankan nilai-nilai kultural,” ungkapnya.

“Maksudnya, memberikan pelayanan kesehatan yang tidak hanya didasarkan pada pendidikan kesehatan tetapi juga nilai-nilai kebudayaan yang diterapkan secara terus-menerus sehingga menjadi suatu kebiasaan,” ujarnya.

Baca jugaAbdi Dalem Jogja Digaji Dengan Dana Istimewa

Sementara itu, Calon pengantin pria merupakan sulung dari dua bersaudara putra KGPAA Sri Paduka Paku Alam X dengan GKBRAA Paku Alam yang lahir di Yogyakarta, 10 April 1992.

Jenjang pendidikan yang ditempuh TK Pertiwi Pura Pakualaman, SD Pura Pakualaman 1 Yogyakarta, SMP 5 Yogyakarta, dan SMA5 Yogyakarta. Sedangkan pendidikan tinggi ditempuh di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Putra barep KGPAA Sri Paduka Paku Alam X ini, mempunyai hobi menggambar dan memecahkan misteri Fisika.

Visinya dalam pembangunan kebudayaan adalah mengembalikan marwah Kota Yogyakarta sebagai Kota Budaya terutama dari segi arsitektur. Adapun calon pengantin putri berasal dari Sleman kelahiran 27 April 1991.

Melepas masa lajang di usia 26 tahun, Suryo, panggilan akrab BPH Kusumo Bimantoro mengaku mantap. Dirinya menyatakan kesiapannya menapaki fase baru kehidupan dengan mempersunting Maya Lakshita Noorya yang dikenalnya sejak SMP.

”Mas Suryo itu sosok yang pendiam waktu kecil, tapi ceria suka senyum dan manut (nurut-Red) sama orang tuanya. Saya mengajarkan kepada anak-anak saya bahwa kita harus sama dengan masyarakat yang ada di pura ini,” ujar GKBRAA Paku Alam, ibunda Suryo, Kamis (3/1).

Kendati upacara pernikahan ini digelar sederhana, namun tetap terkesan mewah dan meriah. Apalagi, menurut rencana upacara pernikahan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla bersama sejumlah menteri dan duta besar dari negara-negara sahabat serta para raja Nusantara. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id