Pertama di Indonesia, UNS Bangun Klenteng di Lingkungan Kampus

Pertama di indonesia
Klenteng | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengklaim sebagai kampus pertama di Indonesia yang menyediakan tempat ibadah enam agama. Selain ada masjid, pura, vihara, dan gereja, pada Kamis (24/1), UNS melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kelenteng.

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membangun kelenteng atau tempat beribadah bagi penganut Konghucu di lingkungan kampus.

“Sejak berdiri, pendiri kampus ini dijadikan sebagai Kampus Benteng Pancasila, saat itu di awal sudah dibangun masjid dan pura,” kata Rektor UNS Ravik Karsidi di sela peletakan batu pertama pembangunan kelenteng itu di Solo seperti dirilis Antara.com.

Meski demikian, kata dia, selama ini pembangunan tempat beribadah tidak dilakukan pihak kampus melainkan diserahkan kepada umat.

Ia mencontohkan pembangunan masjid diserahkan kepada komunitas muslim, sedangkan pembangunan pura dikerjakan komunitas masyarakat Bali yang tinggal di Kota Solo.

Begitu juga pembangunan kelenteng dengan nama Konchu Bio yang berarti Sinar Kebajikan itu, diserahkan kepada umat melalui Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia.

“Kami hanya memberikan bantuan dari arsitek Solo. Mudah-mudahan dalam waktu tiga bulan ini sudah jadi,” katanya.

Ia mengatakan bangunan dengan luas 10×10 meter tersebut diperkirakan menelan anggaran Rp700 juta. Sejauh ini, kata dia, anggaran sudah terkumpul sekitar 60 persen.

“Saya optimistis akan selesai tepat waktu karena banyak pengusaha yang mau mendukung,” katanya.

Baca juga: BRT Solo Raya Bakal Beroperasi 2020

Sama seperti tempat ibadah lain di lingkungan kampus, kelenteng itu juga dibuka untuk umum.

“Kalau dari internal kami hanya ada enam mahasiswa dan satu dosen yang memanfaatkannya. Jadi kami berharap banyak masyarakat di luar yang mau memanfaatkan kelenteng ini,” katanya.

Ia juga berharap, tempat ibadah tersebut dimanfaatkan para mahasiswa untuk mematangkan sisi spiritual mereka. “Mahasiswa tidak hanya butuh kecakapan intelektual tetapi juga spiritual agar seimbang,” katanya.

Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi menjelaskan, pembangunan kelenteng merupakan perwujudan UNS sebagai kampus Benteng Pancasila dan toleransi antar umat beragama.

Pembangunan kelenteng tersebut menggunakan anggaran dari sumbangan Komunitas Tionghoa Solo senilai Rp 700 juta. Pembangunan kelenteng ditargetkan selesai Maret 2019.

“Mudah-mudahan dalam waktu sekitar tiga bulan direncanakan selesai pembangunannya. Tidak terlalu besar ukurannya, 10 x 10 meter persegi,” kata Ravik ditemui seusai peletakan batu pertama pembangunan kelenteng, Kamis (24/1).

Kelenteng “Sinar Kebajikan” tersebut tidak hanya digunakan bagi mahasiswa UNS yang bergama Konghucu, tetapi masyarakat umum pemeluk agama Konghucu juga bisa memanfaatkan tempat ibadah itu.

Menurut Ravik, pembangunan kelenteng sudah lama ia rencanakan selama 8 tahun kepemimpinannya. Ravik mengaku juga telah menawarkan rencana pembangunan kelenteng itu kepada Komunitas Tionghoa di Solo. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*