Kawasan Kaligawe Dan Genuk Kini Bebas Banjir

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Seluruh pompa yang berada di Kali Sringin dan Tenggang saat ini sudah terpasang. Alhasil, dapat dipastikan jika banjir yang kerap melanda wilayah timur Kota Semarang, tidak akan terjadi lagi.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ruhban Ruzziyatno menjelaskan jika pihaknya sudah memasang lima pompa yang sudah terpasang di muara Sungai Sringin dan enam pompa di Sungai Tenggang. Masing-masing pompa memiliki kapasitas 2.000 liter per detik.

“Genuk dan Kaligawe sudah pasti aman dari banjir daerah. Semua pompa sudah terpasang baik di Sringin maupun Tenggang. Hanya yang di Tenggang itu tiga pompa masih dalam perakitan. Tapi dengan pompa di Sringin, banjir sudah tertangani,” terangnya kepada JoSS.co.id di Semarang, Jumat (4/1).

Dijelaskan, BBWS akan segera melakukan integrasi elevasi dengan pompa lainnya yang berada di beberapa wilayah di Kecamatan Genuk.

Diantaranya dua pompa di Kelurahan Karangroto, dua pompa di Banjardowo dan pompa di Kali Babon.

Integrasi tersebut dimaksudkan, jika ketinggian air (elevasi) di beberapa lokasi tersebut mencapai batas tertentu, maka BBWS akan langsung mengoperasikan pompa yang berada di Sungai Sringin dan Tenggang. Bahkan pompa di Kali Sringin dipastikannya sudah siap beroperasi.

“Yang di Tenggang siap operasi semuanya pada minggu ketiga. Meski begitu, saat ini bisa dilihat di wilayah sana sudah kering dan tidak ada banjir,” ujarnya.

Dengan beroperasinya seluruh pompa di kawasan tersebut, kata Ruhban, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan yaitu memastikan efisiensi pompa untuk percepatan pengeringan.

Sehingga tidak hanya menghilangkan banjir saja, namun memastikan seluruh wilayah Genuk dan sekitarnya harus kering dari genangan.

Baca jugaHendi Dorong Percepatan Normalisasi Sungai BKT

“Terlebih dahulu akan kami lakukan penelusuran seluruh area sehingga bisa diketahui operasional pompa bagaimana. Karena target kita itu sampai seberapa cepat mampu mengeringkan banjir usai hujan,” jelasnya.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi menuturkan hingga Mei 2019, masih ada beberapa pekerjaan yang dilakukan terkait penanganan banjir di wilayah timur.

Yaitu peninggian jembatan Kaligawe, pembuatan tanggul Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) dan perapian penyempurnaan sistem dari pompa yang terpasang.

“Memang sudah aktif tapi kita perlu lihat apakah tanggulnya sudah berfungsi baik, dan lainnya. Tapi insyaallah ini dalam tahapan yang sesuai diharapkan, bahkan lebih cepat,” kata Hendi.

Hendi menyatakan, seluruh upaya penanganan yang dilakukan tidak akan berfungsi manakala tidak ada kesadaran dari masyarakat.

Ia menuturkan, banjir akan tetap terjadi jika drainase tersumbat sampah atau saluran air ditutup untuk keperluan tertentu, sebagaimana yang terjadi di wilayah Tembalang.

“Sistem tidak akan berfungsi jika masyarakat masih membuang sampah sembarangan, saluran ditutup. Untuk mengatasi banjir harus bersama-sama. Masyarakat juga ikut serta menjaga lingkungan agar sistem disana berfungsi,” jelasnya. (gus/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*