fbpx Press "Enter" to skip to content

Agus Martowardojo Dari Bankir Jadi Komisaris Utama PT Tokopedia

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Mantan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo diangkat menjadi Komisaris Utama PT Tokopedia, perusahaan aplikasi perdagangan elektronik berkonsep marketplace.

CEO sekaligus Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan kehadiran Agus dalam jajaran dewan komisaris perusahaan akan memperkuat kinerja perusahaan, sehingga dapat mewujudkan misi pemerataan ekonomi digital.

“Pengalaman Agus Martowardojo akan berharga dalam membina para pemimpin dan institusi Tokopedia untuk menjadi perusahaan teknologi kelas dunia,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/1).

Agus Martowardojo, Komisaris Utama baru Tokopedia, mengungkapkan Tokopedia konsisten memberdayakan masyarakat melalui teknologi, sehingga ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh secara kuat, seimbang dan berkesinambungan.

“Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan mengkontribusikan pengalaman saya untuk mendukung cita-cita perusahaan dalam mendorong pengembangan ekonomi yang inklusif,” ucap Agus.

Kemampuan Agus Martowardojo dalam hal ekonomi memang tak diragukan lagi.

Dikutip dari CNBC.com, Pria kelahiran Belanda di 1956 ini lebih dari 30 tahun sebagai pelaku ekonomi, baik bankir, Menteri Keuangan maupun Gubernur Bank Sentral.

Agus menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 24 Mei 2013 sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/P tahun 2013, untuk periode lima tahun yang berakhir pada 2018.

Sebelumnya, Agus Martowardojo menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia, dari Mei 2010 sampai april 2013.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Keuangan, Agus Martowardojo memegang posisi kunci di beberapa bank terkemuka di Indonesia.

Baca jugaDoni Monardo Dilantik Jadi Kepala BNPB Hari Ini

Menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO Bank Mandiri (2005 – 2010), Direktur Utama Bank Permata (2002-2005), penasihat Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional (2002), Managing Director Bank Mandiri (1999-2002), Direktur Utama PT. Bank Ekspor Impor Indonesia (1998-1999), dan Presiden Direktur Bank Bumiputera (1995-1998).

Di awal karirnya, Agus Martowardojo bergabung dengan Bank Niaga (1986-1994) dan Bank of America (1984-1986). Agus Marto juga memimpin Dewan Penasehat Asosiasi Bank Indonesia sejak 2009.

Agus Marto juga merupakan ketua Dewan Pengurus International Islamic Liquidity Management (2016) dan menjabat sebagai ketua Islamic Financial Services Board (2015).

Agus D.W. Martowardojo juga pernah memimpin Perhimpunan Bank Nasional dan Ikatan Bankir Indonesia.

Saat menduduki jabatan Gubernur BI, Agus mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru, termasuk kebijakan Bank Indonesia 7-days Reverse Repo Rate yang memperkuat transmisi kebijakan moneter, dan upaya pengendalian inflasi yang terpadu di seluruh daerah di Indonesia.

Selama karirnya, Agus Marto menerima beberapa penghargaan. Pada Agustus 2014, Agus Marto dianugerahi medali Bintang Mahaputera Adipradana, penghargaan kehormatan sipil tertinggi kedua.

Agus Marto terpilih sebagai Finance Minister of The Year 2012 di tingkat global dan asia Pasifik pada Februari 2012 dari The Banker.

Agus Marto juga meraih penghargaan, antara lain, Indonesian Banker Leadership Achievement Award 2010 dari Asian Banker, dan Indonesia’s Best Executive in 2009 dari Asiamoney.

Agus Marto mendapatkan Gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia.

Ia juga memperluas wawasan dengan mengikuti berbagai program di State University of New York, Harvard Business School, Stanford University, dan Wharton Executive Education. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id