Doni Monardo Dilantik Jadi Kepala BNPB Hari Ini

BNPB
Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letnan Jenderal Doni Monardo | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Sempat tertunda sepekan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru di Istana Negara, Jakarta, Hari ini, Rabu (9/1).

Kabar pelantikan ini diketahui sejak semalam ketika Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengirim foto undangan pelantikan dalam sebuah grup WhatsApp.

Jokowi tetap melantik Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letnan Jenderal Doni Monardo menjadi kepala BNPB. Jenderal bintang tiga itu akan menggantikan Willem Rampangilei.

Pelantikan Doni tertunda sepekan setelah Jokowi mendadak bertolak ke Lampung meninjau korban tsunami Selat Sunda.

Doni tak membantah kabar pelantikannya. Mantan Pangdam Siliwangi itu hanya menjawab, “Insyaallah,” melalui pesan singkat, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (8/1) malam.

Rencana pelantikan kepala BNPB memunculkan teka-teki ketika Jokowi menundanya pada pekan lalu. Penundaan pelantikan Doni juga menunggu revisi Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2018 tentang BNPB.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut ada beberapa perubahan dalam aturan tersebut, di antaranya BNPB akan berada di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

BNPB sebelumnya dikoordinasikan oleh 
Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, saat ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

“Mungkin satu kendali, kedua jenis pekerjaan. Kalau emergency ditangani Menko Polhukam. Kalau sudah rehabilitasi oleh Menko PMK, di situ yang paling mendasar,” kata Moeldoko, belum lama ini.

Moeldoko menyebut dengan berpindahnya koordinasi ke Menko Polhukam, kepala BNPB yang berasal dari lingkungan militer tak masalah bila masih aktif.

“Kenapa aktif? Karena biasanya kebencanaan itu segera action dari tentara, kepolisian. Maka kalau aktif mudah mengkonsolidasikan,” ujarnya.

Rencana pergantian Kepala BNPB muncul di tengah banyaknya penanggulangan bencana di Indonesia mulai dari Lampung, Banten, Sukabumi, hingga Palu. Moeldoko membantah pergantian Kepala BNPB terkait kinerja Willem selama ini.

Menurut dia, badan yang saat ini berada langsung di bawah Presiden Joko Widodo itu memerlukan penyegaran. Willem telah memimpin BNPB sejak 2015.

Baca juga: Pelantikan Kepala Daerah Akan Dilakukan Dalam 5 Tahap Hingga 2019

Sementara itu, ia menyatakan track record Doni, calon pengganti Willem, juga tak perlu diragukan lagi. Perwira TNI AD lulusan Akademi Militer 1985 ini memulai karier di Kopassus sejak 1986.

Dalam perjalanan kariernya, Doni sempat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Danjen Kopassus, Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam III/Siliwangi, dan kini menjabat Sekjen Wantannas.

“Ya hampir semua tahu track recordPak Doni kan bagus. (Dalam penanganan bencana) Iya banyak inisiatif,” tutur mantan Panglima TNI ini.

Meski sempat tertunda, Moeldoko menyatakan pelantikan Doni bakal dilakukan dalam waktu dekat. Pelantikan tinggal menunggu perubahan kebijakan yang diperkirakan segera selesai.

Doni saat ini masih aktif berdinas dengan pangkat bintang tiga di pundak. Doni pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus dan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden.

Doni baru sekitar 10 bulan menjabat sebagai Sekjen Dewan Ketahanan Nasional. Lulusan Akmil 1985 ini berpengalaman dalam bidang infanteri. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*