Ini Beda Antara Flu dan Masuk Angin

masuk angin
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Banyak orang tak bisa  membedakan antara flu dan masuk angina (selesma). Padahal kedanya sebetulnya adalah dua kondisi yang berbeda. Namun, flu dan masuk angin punya gejala yang sama yaitu pilek, bersin dan sesak napas. Influenza juga punya penyebab spesifik yang juga memerlukan penanganan khusus.

Dikutip dari situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), perbedaan flu dan masuk angin biasanya baru terlihat beberapa hari setelah infeksi. Perbedaan terlihat setelah pasien melangsungkan beberapa tes yang diwajibkan dokter.

Seperti dirilis Detik meski sulit dibedakan, ada beberapa gejala yang menjadi ciri khas flu dan masuk angin. Flu biasanya disertai demam, ngilu, lemah, pusing, batuk atau rasa sesak di dada. Dalam beberapa kasus, flu disertai kedinginan, bersin, pilek, dan sakit tenggorokan. Gejala flu bisa muncul setiap saat sekaligus.

Berbeda dengan flu, gejala masuk angin biasanya muncul bertahap. Kebanyakan kasus memiliki gejala rasa lemah, bersin, hidung mampet, dan sakit tenggorokan. Kondisi masuk angin jarang disertai demam, pusing, ngilu, kedinginan, dan rasa tidak nyaman di dada.

Dengan penjelasan tersebut, pilek dan hidung mampet lebih sering terjadi pada pasien masuk angin.

Secara umum, gejala masuk angin terasa lebih ringan daripada flu. Masuk angin tidak berkembang menjadi situasi yang lebih serius misal pneumonia, infeksi bakteri, atau memerlukan rawat inap. Flu dan masuk angin sebetulnya bisa dicegah dengan memiliki sistem imun yang baik. 

Baca juga: The Nusa Dua Bakal Miliki Wahana Atraksi Wisata Bahari

Agar penanganannya tepat dan lebih efektif, flu harus diobati sesuai dengan gejalanya. Umumnya terdapat dua jenis obat flu yang beredar di pasaran yaitu varian flu serta varian flu dan batuk. Obat-obatan semacam ini bersifat simptomatik. Artinya bekerja pada gejala sehingga penting bagi kita untuk memperhatikan gejalanya terlebih dahulu.

Sementara jika gejala-gejala flu disertai dengan batuk, maka harus diobati dengan obat varian flu dan batuk. Sebab, pada varian ini mengandung zat kimia yang berfungsi menekan refleks batuk pada pusat otak.

Orang yang mengalami gejala flu tanpa disertai batuk tidak disarankan mengkonsumsi varian flu batuk karena ketika flu saja, tubuh kita sesungguhnya tidak memerlukan zat kimia yang menekan refleks batuk. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*