Press "Enter" to skip to content

Musim Hujan Telah Tiba, Waspadai Penyakit Ini

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Musim hujan telah tiba, perubahan cuaca dari kemarau ke musim hujan bakal memunculkan sejumlah penyakit, karena perubahan cuaca dapat mempengaruhi antibody kita.

Sejumlah penyakit bisa menimpa siapa saja saat imunitas tubuh melemah, seperti pilek, infeksi saluran pernafasan, diare dan batuk.

Founder Center for Healthcare Reform and Policy Study (Chapters) dr. Luthfi Mardiansyah mengatakan berbagai penyakit musiman biasanya selalu menghantui masyarakat jika tidak diantisipasi dengan baik.

Penyakit tersebut kerap terjadi karena kurangnya daya tahan tubuh.

“Selama musim hujan, daya tahan tubuh harus ditingkatkan, banyak minum minuman hangat, cukup makan. Selain itu juga harus konsumsi multivitamin cukup, susu mineral,” katanya seperti dikutip dari Kabar24.

Selama musim hujan, menurutnya masyarakat harus menjaga kebersihan ekstra. Seperti memastikan untuk menggunakan air bersih baik sebagai kebutuhan konsumsi maupun mandi.

Selain itu mengoptimalkan kebersihan diyakini akan menghambat penyebaran virus maupun bakteri.

Menurutnya, kelompok usia lanjut lebih rentan terserang penyakit selama musim hujan seperti pilek atau gangguan saluran pernafasan. Hal ini karena daya tahan tubuh di usia lanjut mulai menurun dibanding kelompok usia muda.

“Biasanya sebelum musim hujan, kondisi kotor terdapat di saluran air dan tempat lainnya. Sehingga saat mulai musim hujan, bakteri dan virus itu terhirup oleh manusia,” katanya.

Baca juga: Mencicipi Jenang Pasar Lempuyangan Favorit Keluarga Kraton

Berikut ini beberapa cara sederhana namun ampuh untuk meningkatkan dan memperkuat daya tahan tubuh dalam menangkal serangan penyakit di kemudian hari:

1. Cukup Tidur dan Kelola Stres Anda

Cukup tidur dan mengelola tingkat stres dapat membantu mengendalikan kadar kortisol, suatu hormon steroid dalam tubuh.

Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal pada bagian atas masing-masing ginjal ini akan dilepaskan sebagai respon terhadap peristiwa atau kondisi semacam kurang tidur atau stres akut.

2. Sesendok Yoghurt untuk Menghindari Penyakit

Menjaga kesehatan saluran cerna merupakan bagian penting dalam membangun sistem imun yang kuat karena 70 hingga 80% sistem imun kita terletak di sepanjang usus.

3. Tingkatkan Asupan Vitamin C

Vitamin C, atau asam askorbat, telah lama dikenal sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi sistem imun tubuh. Vitamin C dapat menstimulasi sistem imun untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh.

4. Makan sehat dan seimbang

Diet seimbang akan memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan oleh sistem imun.

Cobalah sertakan banyak buah dan sayuran, serealia utuh, protein sehat, dan produk olahan susu rendah lemak ke dalam diet Anda.

5. Minum Teh

Dalam penelitian Harvard, orang-orang yang minum 5 cangkir teh hitam selama 2 minggu memiliki kadar interferon penangkal serangan virus, 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan mereka yang meminum minuman plasebo panas. (wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id