Dongkrak Perekonomian Daerah Stasiun KA Joglosemarkerto Harus Ditambah

perekonomian
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, PURWOKERTO – Kalangan akademisi menilai untuk mendongkrak perekonomian daerah, jumlah stasiun pemberhentian Kereta Api Joglosemarkerto. Hal itu untuk mengoptimalkan potensi dari peluncuran kereta yang mengelilingi wilayah Jateng dan DIY ini.

Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN Purwokerto) Fathul Aminudin Aziz mengatakan potensi ekonomi daerah yang dilalui kereta yang menghubungkan Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal, dan Semarang ini sangat bagus.

Menurut di, selain sisi lintasan dan pola perjalanan KA Joglosemarkerto yang dibuat memutar didukung harga tiket yang relatif terjangkau untuk mengelilingi dua provinsi ini memiliki banyak keuntungan.

Kendati demikian, dia mengatakan stasiun pemberhentian KA Joglosemarkerto perlu ditambah terutama di wilayah-wilayah yang memiliki industri kreatif dan destinasi wisata seperti wilayah timur Jawa Tengah antara jalur Semarang dan Solo.

“Stasiun pemberhentian seharusnya ditambah di wilayah-wilayah yang memiliki produk yang sekiranya bisa ditawarkan sehingga dapat menarik banyak orang untuk datang. Jadi, berhenti itu bukan nilai komersial saja yang muncul, tapi penawaran produk juga harus muncul, termasuk penawaran destinasi wisata,” katanya seperti dirilis Antara.

Menurut dia, stasiun-stasiun pemberhentian KA Joglosemarkerto yang ada saat ini menunjukkan bahwa pengoperasian kereta api tersebut masih berorientasi pada hasil saja, yakni keinginan agar modal dapat lebih cepat kembali.

Padahal, kata dia, untuk membangun daerah harus dibangun dari potensi wilayah seperti industri kreatif dan destinasi wisata.

Selain itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku operator juga perlu ikut serta menginformasikan produk-produk khas dari daerah yang dilalui KA Joglosemarkerto maupun KA lainnya.

Terkait dengan tarif KA Joglosemarkerto yang terdiri atas eksekutif dan ekonomi, Aziz mengatakan hal itu tidak masalah karena masih terjangkau oleh masyarakat.

Baca juga: Jadi Primadona Okupansi KA Joglosemarkerto Capai 64%

“Kalau menurut saya, daya beli masyarakat sekarang dengan harga sebesar itu sudah cukup,” kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Purwokerto itu

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono memberikan semboyan 40 sebagai tanda pemberangkatan kereta api saat peluncuran KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto-Semarang-Solo-Yogyakarta-Purwokerto yang baru diluncurkan di Stasiun Purwokerto, Sabtu (1/12).

Dalam hal ini, KA Joglosemarkerto yang terdiri atas dua kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta ekonomi berkapasitas 560 tempat duduk menerapkan tarif berdasarkan jarak tempuh, yakni berkisar Rp40.000 hingga Rp390.000 untuk kelas eksekutif dan Rp30.000 hingga Rp260.000 untuk kelas ekonomi.

Bahkan jika perlu, kata dia, KA Joglosemarkerto maupun KA-KA lainnya dijadikan kereta kelas eksekutif seluruhnya tanpa adanya kereta ekonomi sehingga pemerintah tidak perlu memberikan subsidi terhadap KA kelas ekonomi agar tarifnya terjangkau oleh warga miskin. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*