Press "Enter" to skip to content

PT KAI Tambah Personel Untuk Awasi Rel Rawan Longsor

Mari berbagi

JoSS, PURWOKERTO – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menambah personel untuk mengawasi jalur rawan longsor di empat titik yang selama ini sering tertimbun longsor pada saat musim penghujan tiba.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan pihaknya kini tengah meningkatkan pengawasan terhadap sejumlah jalur rawan longsor demi keselamatan perjalanan moda transportasi massal itu.

“Kami tetap memantau karena untuk daerah-daerah yang dianggap rawan, kami menempatkan personel yang mengawasi, apalagi dalam beberapa hari ini terjadi hujan,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, Kamis (25/10).

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya menambah personel untuk mengawasi daerah-daerah rawan longsor, jembatan panjang, maupun jalur rawan bencana lainnya.

Sementara untuk terowongan, kata dia, secara kebetulan masih berlangsung pembangunan jalur rel ganda sehingga pengawasannya dapat dilakukan oleh pekerja-pekerja proyek tersebut.

Dia mengakui di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto terdapat sejumlah lokasi rawan genangan air namun seiring dengan pembangunan jalur rel ganda, titik-titik rawan tersebut sudah diperkuat dan ditinggikan sehingga diharapkan tidak tergenang kembali ketika hujan lebat.

Baca juga: Buntut Peluru Nyasar Lapangan Tembak Senayan Segera Direlokasi

Dengan demikian, lanjut dia, pihaknya saat sekarang lebih mengoptimalkan pemantauan terhadap jalur rel rawan longsor.

“Kami juga mengoptimalkan juru penilik jalan yang setiap hari minimal dua kali memantau jalur rel. Kami meminta mereka lebih waspada dengan melihat kanan dan kiri jalur untuk melihat kemungkinan adanya retakan yang berpotensi longsor,” katanya.

Supriyanto mengatakan pihaknya juga menyiagakan personel “flying gank” yang tersebar di 17 resor jalan rel dan jembatan, sehingga siap untuk meluncur sewaktu-waktu ke daerah yang kritis seperti jalur tertimbun longsor atau tertutup pohon tumbang.

Seperti dikutip dari Antara, Berdasarkan data, di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto terdapat empat titik rawan longsor yang selama ini mendapat pengawasan serius

Dia menuturkan satu titik di Kabupaten Brebes yang berada di km 304+2/5 antara Prupuk dan Linggapura, dua titik di Kabupaten Banyumas masing-masing di km 360+1/3 antara Notog dan Kebasen serta km 423-424 antara Tambak dan Ijo, serta satu titik di Jembatan Sungai Luk Ulo antara Soka dan Kebumen.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dan kenyamanan penumpangnya,” kata Supriyanto. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id