Begini Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

cerdas
Ibu hamil | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Membentuk anak sehat dan cerdas, bisa dimulai sejak masih dalam kandungan. Caranya dengan memastikan asupan makanan yang tepat bagi tumbuh kembang janin.

Nah, agar kecerdasan si kecil terjamin, ibu hamil harus mengonsumsi beberapa makanan sehat. Berikut adalah makanan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan anak seperti dirilis Liputan6.com.

1. Buah dan Sayur

Tomat, sayuran hijau, pepaya adalah buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan penting untuk menangkal radikal bebas. Kandungan nutrisi buah dan sayur baik untuk meningkatkan pertumbuhan otak. Jangan lupa sebelum makan untuk mencuci buah dan sayur hingga bersih.

2. Makanan Kaya Zat Besi

Ketika hamil, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Nutrisi ini penting untuk mengedarkan oksigen pada tubuh, yang penting untuk perkembangan otak bayi. Makanan yang kaya akan zat besi antara lain kacang-kacangan, daging ayam dan sereal.

3. Protein

Protein sangat penting bagi pertumbuhan otak si kecil. Konsumsi protein 10 gram sehari.

4. Aneka Buah Beri

Rasa segar buah beri tentu akan menjadi makanan yang digemari oleh ibu hamil (bumil).

5. Ikan

Ikan terutama ikan salmon merupakan sumber omega 3 yang baik untuk meningkatkan kecerdasan. Mengonsumsi ikan selama hamil sangat disarankan. Konsumsi ikan seminggu 2 – 3 kali, untuk hasil yang lebih baik.

Sementara itu bagi anak-anak yang telah lahir asupan nutrisi yang bermanfaat juga bisa diberikan dan belum terlambat.

Baca juga: Paparan Pornografi Pada Anak Picu Gangguan Jiwa

Berikut makanan yang membantu mencerdaskan otak anak.

1. Ikan

Ikan mengandung asam lemak dan omega 3 yang sangat baik buat kecerdasan juga kesehatan otak. Nutrisi yang terkandung di dalam ikan juga sangat baik buat tumbuh kembang anak.

2. Telur

Makanan selanjutnya yang bantu mencerdaskan otak anak adalah telur. Telur adalah makanan kaya protein. Di dalam kuning telur bahkan mengandung kolin yang sangat baik untuk perkembangan otak.

3. Sayuran Berwarna

Tomat, wortel, kubis, labu, brokoli adalah sayuran yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dalam mencerdaskan otak anak.

4. Susu atau olahannya

Susu dan olahannya sangat baik dalam mencerdaskan otak anak. Susu mengandung protein tinggi, vitamin D dan vitamin B yang berperan aktif dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel di otak.

5. Kacang Hijau

Makanan lainnya yang juga bermanfaat baik untuk fungsi otak anak adalah kacang hijau. Kacang hijau mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, mangan, fosfor, tembaga dan thiamin yang semuanya penting bagi kesehatan tubuh khususnya penting bagi otak. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*