Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Selama Penerbangan

Penerbangan
Ilustrasi | Foto: tampilcantik.com
Mari berbagi

JoSS,JAKARTA – Makanan dan minuman dalam pesawat disajikan melalui proses yang ketat. Namun, bisa saja terjadi pencemaran bakteri yang dapat menyebabkan sakit.

Dalam penerbangan yang memakan waktu beberapa jam umumnya disajikan makanan dan minuman.

Meskipun disiapkan dengan baik oleh perusahaan katering, tetapi bukan berarti makanan di pesawat aman 100 persen.

“Di restoran biasanya makanan disiapkan dan diolah saat dipesan. Tidak disimpan tetapi langsung disajikan. Tetapi dalam industri penerbangan makanan disiapkan oleh perusahaan katering beberapa jam sebelumnya, disimpan dan disitribusikan ke pesawat. Karena keamanannya sulit dikontrol”, ungkap Jean Dible, ahli keamanan pangan seperri dilansir CNBC (20/11).

Untuk itu, perlu diketahui, beberapa makanan atau produk olahan yang seharusnya tidak dikonsumsi saat dalam penerbangan. Seperti:

1. Produk Susu

Ahli keamanan pangan menganjurkan untuk menghindari produk susu selama dalam penerbangan. Seperti yogurt, keju, es krim dan krim. Karena produk susu mudah tercemar bakteri listeria yang bisa memicu sakit perut hingga diare. Sedangkan keberadaan bakteri ini tak bisa dideteksi lewat aroma dan tampilan makanan.

2. Daging Olahan

Daging olahan seperti daging asap, sosis, beef luncheon biasanya dipakai sebagai isian sandwich. Umumnya daging olahan tidak dipanaskan dan sandwich dibuat beberapa jam sebelumnya.

Karenanya mudah ditumbuhi bakteri. Sementara penyimpanan sandwich tidak terjamin dalam suhu yang stabil di dalam pesawat.

Baca jugaLiburan Maulid Nabi, Penumpang KA Naik Membeludak

Bakteri bisa bertahan dalam suhu dingin dalam es batu. Sementara di dalam pesawat es batu ditaruh di dalam wadah yang belum terjamin kebersihan. Apalagi jika krew pesawat tidak terlatih untuk menangani makanan dan minuman dengan benar.

3. Buah dan Sayuran

Sebaiknya pikirkan kembali jika memesan buah dan sayuran segar dalam pesawat. Sayuran hijau seperti lettuce mudah terpapar bakteri dari air, kemasan maupun saat pengemasan. Bisa juga buah dan sayuran tercemar saat disiapkan di dapur atau disimpan dalam lemari pendingin.

4. Nasi

Beras bisa mengandung Bacillus cereus bacteria yang tahan terhadap suhu tinggi saat dimasak. Jika nasi sudah dingin dan disimpan dalam suhu yang tidak tepat bakteri bisa hidup kembali.

Bakteri ini bisa mengakibatkan sakit perut yang serius. Karenanya selalu pastikan menu nasi yang Anda apesan dalam pesawt benar-benar disajikan dalam keadaan panas.

5. Sea Food

Ada baiknya hindari memilih menu ini. Hampir semua maskapai penerbangan punya menu sea food baik untuk kelas ekonomi atau bisnis. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*