Wow Lewat Tol Merak-Surabaya Waktu Tempuh Hanya 10 Jam

Merak – Surabaya
Ilustrasi jalan tol | Foto: instagram kemenpupr
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Jarak waktu tempuh mulai dari Tol Trans Jawa mulai dari Merak – Surabaya nantinya akan bisa ditempuh dalam waktu 10 jam saja. Hal itu menyusul pengoperasian jalan tol sepanjang 760 Kilometer itu menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Namun, estimasi waktu tempuh Jakarta menuju Surabaya via jalan tol akan molor menjadi 14 jam, jika ruas tol Jakarta-Cikampek yang berjarak 63 kilometer masih mengalami kepadatan lalu lintas.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (Persero) Desy Arryani mengatakan pihaknya masih berupaya keras untuk mengurangi kepadatan di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Dia menjanjikan kepadatan di ruas Jakarta-Cikampek akan berkurang signifikan dalam enam bulan ke depan atau menjelang Lebaran 2019.

“Waktu tempuh sangat pendek, idealnya tidak lebih dari 10 jam. Kami harapkan pada lebaran 2019 sudah lancar (Jakarta-Cikampek), Itu (waktu tempuh 10 jam) kalau Jakarta Cikampek sudah lancar, sudah ada ‘elevated’ jarak jauh, sudah ada jalan yang lebih longgar,” ujarnya seperti dikutip Antara, Minggu (11/11).

Ketika kepadatan Jakarta-Cikampek sudah bisa dikurangi secara signifikan, Desy bahkan memperkirakan konektivitas Jakarta-Surabaya bisa dilakukan pulang-pergi dalam satu hari.

“Jadi manfaat ke arus logistiknya cukup besar, asalkan dipersiapkan dengan baik,” kata dia.

Selama ini, Perusahaan pelat merah bisnis pengelola jalan tol itu mengelola dan mengoperasikan 13 ruas dari 20 ruas tol di Jaringan Tol Trans Jawa. Termasuk tiga ruas tol yang akan segera dioperasikan akhir tahun ini, yaitu Tol Batang-Semarang, Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi, dan jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati.

Desy menargetkan tiga ruas tol beroperasi saat perayaan liburan Natal dan akhir tahun 2018. Untuk tahap awal, ketiga ruas tersebut belum dikenakan tarif karena masih dilakukan sosialisasi tarif dan uji coba.

“Jadi, ini diresmikan semua tahun ini, tetapi mungkin tarifnya awal tahun depan. Awal Januari 2019,” ujarnya

Baca juga: Meresahkan, DPRD Bali Bakal Tertibkan Toko Milik ‘Mafia Tiongkok’

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan pembangunan Tol Trans Jawa  untuk ruas Jakarta- Surabaya bisa rampung akhir tahun ini, sehingga berbagai ruas yang terhubung dapat beroperasi secara fungsional pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan tol secara keseluruhan dari Merak-Banyuwangi diperkirakan baru rampung pada Desember 2019.

“Tujuannya, supaya mudik Natal dan Tahun Baru sudah bisa dipakai dan gratis (untuk ruas tol yang baru diresmikan). Nanti baru pada tahun depan, mulai berbayar,” ujarnya, belum lama ini.

Sampai saat ini, lanjut Basuki, setidaknya masih ada empat ruas yang masih terus dikebut pengerjaannya sampai akhir tahun dalam rangkaian jalan tol Jakarta-Surabaya. Empat ruas tol tersebut, yaitu Tol Sragen-Ngawi, Tol Salatiga-Solo, Tol Batang-Semarang, dan Tol Ngawi-Kertosono.

“Ini semua sudah sekitar 90 persen lebih kontruksinya, sehingga diperkirakan bisa tercapai. Nanti akan kami resmikan lagi sebagai peringatan bahwa ini konstruksi terakhir ‘nyambungnya’ Jakarta-Surabaya,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*