Tol Jakarta – Surabaya Kurang Empat Ruas Lagi

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Ketersambungan Tol Jakarta – Surabaya masih kurang empat ruas,  yaitu Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo dan Wilangan – Kertosono. Dari 4 ruas yang belum selesai, 3 ruas ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah, satu ruas lainnya di Jawa Timur.

Presiden Jokowi saat meresmikan segmen tol Sragen-Ngawi,  Rabu (28/11) membenarkan hal itu.

“Saya sangat berbahagia sekali pagi ini akan kita resmikan Jalan Tol Solo-Ngawi di segmen Sragen-Ngawi. Artinya sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya di akhir tahun ini insya Allah sudah sambung semuanya. Yang kurang berarti dari Pemalang ke Batang, Batang ke Semarang, Salatiga ke Solo, kemudian Wilangan ke Kertosono. Yang kurang itu,” kata Jokowi,

Adapun terkait progress pembangunan infrastruktur jalan bebas hambatan yang Jakarta-Surabaya, Jokowi telah mengkonfirmasi kepada Menteri BUMN Rini M Soemarno terkait penyelesaian Tol Trans Jawa.

Dia memastikan, seluruh ruas di Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 870 kilometer yang membentang Jakarta-Surabaya dioperasikan pada Desember 2018 untuk menyambut libur mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru). Bahkan sejumlah ruas masih gratis.

“Tadi saya tanyakan ke Menteri BUMN dan Dirjen beliau-beliau menyampaikan selesai Pak pertengahan Desember atau akhir Desember selesai semua. Bapak tinggal cari waktu meresmikannya kapan. Artinya sudah rampung kalau berani ngomong seperti itu,” kata Jokowi.

Data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR empat ruas tol baru diresmikan yakni Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 (37,3 km), Tol Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang 5,4 km, Tol Solo-Ngawi segmen SS Sragen-Ngawi (50,9 km), dan Tol Ciawi-Sukabumi seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,4 km).

Kemudian, pada November 2018 dua ruas tol baru yaitu Tol Pemalang-Batang seksi 1 dan 2 (SS Pemalang-Batang) sepanjang 33,8 km dan ruas Tol Semarang-Solo seksi 4 dan 5 Salatiga-Kartasura sepanjang 32,5 km.

Lalu, jelang penghujung tahun, sebanyak 7 ruas tol sepanjang 292,8 km disebut siap beroperasi. Antara lain, Tol Batang-Semarang seksi 1-5 (75 km), Tol Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono yang dibiayai APBN (39,1 km), Tol Kertosono-Mojokerto seksi 4 (0,9 km).

Relokasi Tol Porong-Gempol (Porong-Kejapanan) sepanjang 6,3 km, Tol Gempol-Pasuruan seksi 3 Pasuruan-Grati 12,2 km, Tol Pasuruan-Probolinggo seksi 1-3 Grati-Probolinggo Timur 32,4 km, dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar paket 1-4 sepanjang 126,9 km.

Seperti diketahui Jokowi  meresmikan pengoperasian penuh jalan tol Solo-Ngawi menyusul peresmian segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer (KM) dirampungkan. Secara keseluruhan, panjang jalan tol Solo-Ngawi mencapai 90,43 KM.

Baca juga: Jumlah Terminal Tengah Kota Semarang Harus Ditambah

Peresmian Tol Sragen-Ngawi ini dilakukan di Rest Area KM 538 Tol Sragen-Ngawi. Setibanya di lokasi, Jokowi diajak melihat maket dan penjelasan pengerjaan Jalan Tol Trans Jawa (Merak-Surabaya).

Per 6 Desember Dibanderol Rp55.000

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi David Wijayatno menuturkan harapannya agar jalan tol Solo-Ngawi bisa menjadi salah satu upaya dalam memecah masalah transportasi darat, dan mendukung distribusi logistik dan menciptakan konektivitas baru.

“Dengan operasi penuh, jalan tol Solo-Ngawi dapat memangkas waktu tempuh dari yang semula 3 jam menjadi hanya 1,5 jam. Selain itu, dapat membuka akses-akses wilayah sepanjang Sragen hingga Ngawi, meningkatkan perekonomian daerah, serta memberi akses ke destinasi pariwisata, seperti Tawangmangu dan Sangiran,” imbuh dia.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah menetapkan besaran tarif jalan tol Solo-Ngawi. Penetapan tarif itu tertuang dalam Keputusan Menteri PUPR Nomor 897/KPTS/M/2018 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi.

Tarif menggunakan sistem tertutup. Untuk golongan kendaraan I, tarif tol Sragen-Ngawi dibanderol Rp55 ribu. Golongan II dan III sebesar Rp83 ribu, dan golongan IV dan V Rp110.500.

“Jalan tol Solo-Ngawi bisa langsung dilewati oleh pengguna jalan mulai malam ini, Rabu (28/11) maksimal pukul 21.00 WIB secara gratis. Tarif diberlakukan mulai Kamis, 6 Desember 2018, pukul 00.00 WIB,” jelas David.

Jalan tol Solo-Ngawi juga menerapkan cashless payment, sehingga pengguna tol yang akan melakukan transaksi tol harus mempersiapkan uang elektronik. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*