Liburan Bakal Makin Asik, Tol Sragen-Ngawi Segera Dibuka Gratis 

sragen-ngawi
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SRAGEN – Kabar gembira, saat libut Natal dan Tahun Baru nanti jalur bebas hambatan penghubung Solo-Kertosono untuk ruas Sragen-Ngawi sudah bisa dilewati. Jarul itu segera dibuka tanpa tarif alias gratis.

Pejabat Humas PT Waskita Karya Soker IB, Eko Jayanto mengatakan jalan tol sepanjang sepanjang 56 km itu sudah selesai pengerjaan konstruksinya sehingga siap dioperasikan.

Seperti diketahui, adanya jalur ini sangat efektif karena mampu memangkas waktu tempuh secara signifikan. Solo-Surabaya sudah terhubung dan bisa ditempuh dalam waktu 3-4 jam atau hemat 2 jam daripada lewat jalur arteri.

Dia menambahkan pihaknya telah menerima Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang penetapan jalan tol dan tarif segmen Sragen-Ngawi sudah terbit.

Dia menambahkan, dengan terbitnya keputusan penetapan tersebut, penyelengara Jalan Tol harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Rencananya dilakukan sosialisasi pengoperasian jalan tol tersebut tanpa tarif dalam waktu dekat.

Baca jugaReza Rahadian Ketagihan Main Teater

Menurut dia sosialisasi pengoperasian jalan tol tanpa tarif itu kemungkinan dilakukan hingga ada keputusan adanya tarif tol untuk ruas Sragen-Ngawi. Sehingga diperkirakan hingga akhir tahun masih gratis.

“Saat liburan Natal dan Tahun Baru nanti, jalan tol Sragen-Ngawi sudah bisa dilewati. Panjangnya sekitar 56 km. Total Ngasem-Ngawi itu 117 km. Jadi setelah Sragen-Ngawi dibuka nanti sudah tersambung sampai Wilayangan, Kertosono, dan Surabaya. Nanti waktu tempuh Solo-Surabaya hanya 3-4 jam daripada lewat arteri sampai 5-6 jam atau memangkas waktu 2 jam,” ujar Eko, seperti dikutip dari Solopos.

Eko menyampaikan ke depan akan dibangun interchange baru di Sragen Timur, tepatnya di wilayah Sambungmacan, Sragen. Dia mengungkapkan SK untuk lahan sudah keluar tetapi penunjukan lokasi (penlok) belum keluar.

“Kemudian rest area Paldaplang akan dilebarkan juga,” ujarnya.

Direktur PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayanto membenarkan SK Menteri PUPR terkait operasional jalan tol Sragen-Ngawi sudah turun. Dia mengatakan untuk pembukaan operasional PT JSN baru mengirim surat ke Kementerian PUPR pada Selasa.

“Yang jelas untuk fisik sudah selesai semua. Nanti untuk sosialisasi operasional akan dilakukan lewat koran, radio, spanduk, dan seterusnya. Yang jelas untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2019 [tol Sragen-Ngawi] sudah bisa dilewati,” imbuhnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*