Tensi Anda Naik? Coba Turunkan Dengan Cara Ini

Tensi
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan resiko stroke. Untuk itu anda harus waspada ketika tekanan darah anda naik secara tiba-tiba.

Salah satu cara untuk mengurangi risiko hipertensi, Anda harus mencoba makan lebih banyak makanan yang kaya kalium.

Makanan kaya kalium ini membantu menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh, yang mendukung organ vital termasuk ginjal untuk mengendalikan tekanan darah.

Nah berikut ada beberapa makanan yang bisa menurunkan tekanan darah secara alami.

1. Pisang

Pisang adalah buah kaya kalium yang sangat baik untuk penderita hipertensi. Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan telah mengemukakan bahwa mengonsumsi dua buah dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah hingga 10%.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau cenderung tinggi potasium, ini artinya makanan seperti bayam, kol, brokoli bisa membantu ginjal menyingkirkan natrium melalui urine Anda.

3. Jamur

Jamur adalah makanan yang mengandung banyak potasium. jamur shiitake misalnya bisa menjadi yang terbaik untuk memangkas risiko hipertensi. Jamur ini juga mengandung ereitadenine, zat yang meningkatkan sirkulasi darah.

Baca juga: Panduan Aman dan Hemat Liburan di Vietnam

4. Tomat

Tomat kaya akan likopen, yang terbukti membantu mengurangi tekanan darah. Buah ini juga sumber protein yang bagus, yang membantu mengurai garam di dalam tubuh.

5. Kismis

Sebuah penelitian yang diterbitkan di American College of Cardiology menemukan bahwa makan segenggam kismis setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Buah Blueberry

Buah bluberry merupakan buah yang kandungan antioksidannya cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini bernama flavonoid, kandungan ini sangat berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Nah jika tekanan darah Anda sedang tinggi makanlah buah ini baik secara utuh maupun di jus.

7. Bit Merah

Bit adalah makanan paling efektif menurunkan tekanan darah. Buah itu mengandung nitrat oksida yang tinggi sekali yang bermnafaat untuk melancarkan dan membuka pembuluh darah. Bahkan buah ini bisa dibilang sangat cepat menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Cokelat Hitam

Cokelat hitam ternyata bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Ini berkat kandungan polifenol yang membantu tubuh dalam membentuk oksidadsi nitrat ang berguna menurunkan tekanan darah Anda. Tapi sebaiknya konsumsi cokelat murni tanpa gula ya.

9.Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang bersumber dari gandum, selain dapat menurunkan tekanan darah anda, makanan ini mengandung serat yang tinggi yang bisa memenuhi nutrisi tubuh. (wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*