Fakta Penting Kenapa Anda Harus Memperhatikan Kekentalan Darah

memperhatikan kekentalan darah
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Dibandingkan kondisi kesehatan lain, kekentalan darah bisa jadi masih jarang diketahui oleh masyarakat.

Seorang ahli mengatakan, pentingnya memperhatikan kadar kekentalan darah sebagai salah satu ukuran kesehatan jantung.

Berikut beberapa fakta seperti dilansir Alodokter tentang kekentalan darah yang seharusnya diketahui:

  • Faktor yang paling memengaruhi kekentalan darah adalah sel darah merah. Beberapa faktor lain dapat meningkatkan kekentalan darah seperti kadar lipid yang tinggi, obat-obatan tertentu, dan kondisi penyakit lain seperti kanker dan diabetes.
  • Ketika kekentalan darah berlebih maka geraknya akan melambat. Menurut dr. Baumann dari Amerika, hal itu akan meningkatkan risiko saling menempelnya sel-sel darah merah yang kemudian membentuk gumpalan, menghambat asupan oksigen pada organ tubuh, dan memaksa jantung bekerja lebih keras.
  • Sebuah studi mengungkap, kekentalan darah berkaitan dengan risiko lebih tinggi menderita serangan jantung dan stroke.
  • Tingkat low-density lipoprotein (LDL) dan peradangan dapat memengaruhi kekentalan darah. Semakin tinggi LDL, atau sering disebut dengan kolesterol buruk, maka demikian pula dengan kekentalan darah. Peradangan kronis juga dapat meningkatkan kekentalan darah yang berlebihan, sebagaimana halnya juga terjadi pada orang dengan kebiasaan merokok.
  • Anemia dapat memengaruhi kekentalan darah hingga tingkat yang mengancam jiwa. Efek anemia yang berat dapat menyebabkan gagal jantung.
Minimalisir Risiko dengan Pola Hidup Sehat

Risiko kekentalan darah berlebih dapat diminimalisir dengan pola hidup sehat.

Seorang spesialis jantung mengemukakan program tujuh langkah yang perlu dilakukan untuk menurunkan kekentalan darah. Empat langkah awalnya adalah berhenti merokok, menerapkan pola makan sehat, berolahraga dan mengelola stres dengan baik.

Berhenti merokok akan mengurangi risiko pembentukan gumpalan darah dan serangan jantung. Pola makan dapat diperbaiki dengan mengurangi asupan lemak. Olahraga akan membantu membuat aliran darah lebih lancar, sehingga dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan berbagai manfaat lainnya.

Kemudian, tiga langkah selanjutnya yaitu mendonasikan darah, minum air 10-12 gelas per hari, dan mengonsumsi aspirin dosis rendah. Langkah terakhir, seharusnya melalui konsultasi dokter. Selain itu, upayakan untuk mengurangi berat badan. (wiek)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*