Ngesti Pandawa

Liburan Maulid Nabi, Penumpang KA Naik Membeludak

Maulid Nabi
Jumlah penumpang kereta api yang berangkat dari Stasiun Semarang Tawang di masa liburan Maulid Nabi Muhammad SAW ini mengalami kenaikan 10 % dibanding hari libur biasa. | Foto: Joy/Istimewa)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Animo masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api di masa liburan Maulid Nabi Muhammad SAW terpantau tinggi. Bahkan lonjakan jumlah penumpang kereta lebih besar jika dibanding di masa liburan biasa.

“Naik sekitar 10 persen dibanding liburan biasa,” tutur Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto dalam siaran pers yang diterima JoSS.co.id, Selasa (20/11).

Menurut Suprapto kenaikan jumlah penumpang kereta di masa libur Maulid ini sudah terpantau sejak Sabtu (17/11). Mulai akhir pekan hingga hari ini, jumlah penumpang kereta terpantau di kisaran 22.000 orang per hari. Lebih tinggi di libur biasa yang hanya sekitar 20.000 penumpang per hari.

Dan puncak arus penumpang kereta yang berangkat dari Semarang terjadi pada Selasa ini. Terlihat dari seluruh tiket perjalanan KA ke arah Jakarta dan Bandung telah habis terjual. Sebagai bentuk antisipasi, KAI Daop 4 Semarang telah menambah 1 sampai 2 gerbong kereta pada sejumlah perjalanan kereta apinya.

Suprapto menambahkan secara umum seluruh perjalanan kereta api yang beroperasi di wilayah KAI Daop 4 Semarang pada hari Selasa ini diantaranya 6 KA reguler dengan keberangkatan awal dari Semarang menuju Jakarta (5 KA) dan Bandung (1 KA), dengan kapasitas tempat duduk 4.346 tempat duduk per hari.

Baca juga: Proyek Pengelolaan Air Kota Lama Kerjasama RI-Belanda Dimulai 2019 

Kemudian ada 4 KA reguler dengan keberangkatan awal dari Tegal menuju Jakarta, dengan total kapasitas tempat duduk 2.678 penumpang per hari. Ada pula 6 KA jarak dekat dengan keberangkatan awal dari Semarang Tawang menuju Purwokerto, Surabaya Pasar Turi dan Solo dengan total kapasitas tempat duduk 3.402 penumpang per hari.

Juga 36 KA jarak menengah/jauh reguler yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang, dengan kapasitas 20.280 tempat duduk per hari. Serta 14 KA lokal dengan kapasitas 7.592 tempat duduk per hari.

Sementara untuk kunjungan wisata di museum Ambarawa, KAI Daop 4 mengoperasikan perjalanan KA wisata reguler relasi Ambarawa – Tuntang (pp), dengan harga tiket Rp 50.000/ orang . Ada tiga trip perjalanan KA wisata yang dijadwalkan pukul 11:00 WIB, 12:00 WIB dan pukul 14:00 WIB.

“Diharapkan dengan perjalanan KA wisata reguler relasi Ambarawa – Tuntang (pp) ini, bisa memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat di Museum Ambarawa, dimana para pengunjung bisa merasakan suasana perjalanan kereta api tempo dulu dengan harga terjangkau,” tukas Suprapto. (Joy/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*