Inilah 5 Tempat Wisata Belanja Batik Murah di Indonesia

belanja
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Batik saat ini kian banyak peminatnya, dan telah menjadi daftar wajib belanja bila kita berwisata ke sebuah daerah, khususnya yang terkenal memiliki batik khas.

Sejumlah daerah di Indonesia yang dikenal sebagai sentra batik di antaranya adalah Yogyakarta, Pekalongan, Solo, atau Cirebon.

Memang batik tulis cenderung lebih mahal, karena prosesnya yang lebih rumit dan kualitas yang mumpuni.

Meski begitu ada banyak pilihan batik dengan harga terjangkau seperti batik cap atau batik colet (lukis) yang juga memiliki kualitas baik.

Untuk berburu batik murah-meriah, ada pasar khusus batik yang juga menjadi destinasi wisata belanja.

Berikut daftar lokasi berburu batik murah-meriah di lima kota besar di Indonesia, seperti dihimpun oleh KompasTravel.

1. Pasar Klewer, Solo

Pasar Klewer merupakan salah satu pasar tertua di Solo, Jawa Tengah. Pasar ini dibuka sejak zaman penjajahan Jepang, sekitar tahun 1942. Tak hanya batik motif Solo, ada banyak batik dari motif Jawa lainnya yang ditawarkan di Pasar Klewer. Pasar ini menawarkan batik dengan harga yang murah.

Baca juga: Kalangan Akademisi Dorong Peningkatan Nilai Jual Kopi Lewat Diseminasi Teknologi

2. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Di sini tumpah ruah pedagang batik di kios sampai kaki lima di pinggir jalan. Pasar Beringharjo dibangun tahun 1925 dan terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Kebanyakan batik di Pasar Beringharjo bewarna putih, hitam, dan cokelat.

3. Pasar batik Setono, Pekalongan

Ada sekitar 600 kios yang menjual batik di Pasar Batik Setono Pekalongan. Pasar ini dibuka dari perkumpulan warga pebatik sekitar pada tahun 1939. Pasar Barik Setono Pekalongan terletak di Karangmalang, Pekalongan.

4. Thamrin City, Jakarta

Di Jakarta, Thamrin City menjadi pusat untuk mencari batik murah. Karena letaknya yang berada di tengah kota dan dekat dengan Tanah Abang, Thamrin City banyak dikunjungi oleh wisatawan.

5. Pusat Grosir Batik Trusmi, Cirebon

Tempat ini terletak di Jalan Trusmi Kulon No 148, Plered, Cirebon. Nama Trusmi berasal dari pemuka agama Islam Ki Gede Trusmi. Desa Trusmi kemudian berkembang menjadi sentra batik Cirebon, dengan Pusat Grosir Batik Trusmi sebagai pusatnya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*