Kim Jong Yang Terpilih Sebagai Presiden Interpol Gantikan Meng Hongwei

Kim Jong Yang
Kim Jong Yang | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, KOREA SELATAN – Kim Jong Yang kandidat dari Korea Selatan akhirnya menduduki jabatan sebagai Presiden Interpol yang dalam dua bulan terakhir kososng akibat mundurnya Meng Hongwei karena terlibat kasus suap dan ditangkap di China pada September lalu.

Seperti dikutip dari AFP, Jong Yang mengalahkan kandidat dari Rusia, Alexander Prokopchuk pada pemilihan yang digelar Rabu (21/11).

Jong Yang didukung oleh Amerika Serikat, terpilih dalam pertemuan delegasi dari seluruh negara anggota Interpol di Dubai. Dia menggantikan Meng yang sempat dikabarkan hilang, kemudian muncul dan mengundurkan diri setelah dituduh menerima suap.

Beberapa negara memberikan masukan kepada Interpol untuk menolak Prokopchuk, yang merupakan pejabat Kementerian Dalam Negeri Rusia dan wakil presiden Interpol saat ini. Penentangan paling keras datang dari Amerika Serikat.

Pemerintah AS beralasan jika Prokopchuk menyandang jabatan itu dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh Rusia untuk menargetkan lawan-lawan politik pemerintah saat ini.

Pada Selasa (20/11) kemarin, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mendorong Jong Yang memimpin Interpol hingga 2020.

“Kami mendorong semua negara dan organisasi yang menjadi bagian dari Interpol serta yang meenghormati aturan hukum untuk memilih pemimpin dengan integritas. Kami percaya Kim akan seperti itu,” kata dia kepada wartawan.

Baca jugaBuruh: Pemerataan Upah Nasional Cegah Relokasi Industri

Berbagai kritik ditujukan kepada Rusia. Sebab, mereka melalui Interpol menargetkan lawan-lawan politik Presiden Rusia Vladimir Putin dengan menerbitkan surat perintah penangkapan internasional.

Setelah Meng mengundurkan diri, Interpol dipimpin oleh sekretaris Jenderal, Juergen Stock sementara waktu.

Sebelumnya, pada pekan pertama bulan ini Juergen Stock, mengatakan pihaknya telah menerima pengunduran diri Meng Hongwei, presiden lembaga koordinasi kepolisian dunia itu yang ditahan China karena diduga terlibat kasus suap.

“Kami harus menerima, seperti kami akan menerima keputusan dari negara lainnya, bahwa negara ini (China) mengambil keputusan berdasarkan kedaulatannya,” ucap Stock dalam jumpa pers di markas Interpol, Lyon, Perancis, belum lama ini.

“Jika negara memberi tahu kami: ‘kami tengah melakukan investigasi dan presiden Interpol telah mengundurkan diri sehingga dia bukan delegasi dari negara itu lagi,’ maka kita harus menerima itu.” Dikutip AFP, Stock mengatakan Interpol telah mendesak China memberikan lebih banyak detail terkait penangkapan Meng.

Sebelum ditangkap di Beijing pada awal Oktober lalu, Meng sempat dikabarkan hilang ketika menuju China, kampung halamannya itu. Istri Meng mengatakan suaminya sudah tak bisa dihubungi sejak 25 September. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*