Berburu Jajanan Tempo Dulu Di Pasar Kebon Watu Gede

Pasar Kebon
Suasana Pasar Kebon Watu Gede Magelang | Foto: instagram pasarkebonwatugede
Mari berbagi

JoSS, MAGELANG – Pasar Kebon, Magelang memang unik. Tidak buka tiap hari. Cuma pada Minggu Pahing dan Minggu Legi saja.

Pasar Kebon Watu Gede begitu nama komplitnya, berada di Dusun Jetak Sidorejo, Bandongan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah didirikan di antara papringan atau hutan bambu.

Dirancang sebagai pasar wisata, seperti dirilis Harianjogja.com, spot belanja jajanan tempo dulu ini hanya buka Minggu Pahing dan Minggu Legi.

Pasar ini semula hanyalah sebuah lahan ditumbuhi rumpun bambu, tetapi kemudian disulap menjadi sebuah pasar yang berkonsep tempo dulu dengan mengangkat nilai-nilai tradisional. Pasar ini diinisiasi komunitas sukarelawan, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jawa Tengah.

Genpi beranggotakan pegiat wisata yang terdiri dari para admin media sosial (sosmed), blogger dan traveler. Mereka dibentuk oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) disetiap provinsi untuk membantu promosi wisata di media sosial.

Menginisiasi Pasar Kebon Watu Gede adalah bagian dari upaya Genpi Jateng memviralkan tempat wisata lokal. Genpi pun mengembangkan pasar wisata ini menjadi destinasi digital. Maka sejak masuk area persawahan dan perkebunan sepanjang kurang 500 meter, banyak titik dibangun swafoto. Ada spot pohon, bunga hingga lambang cinta. Sepanjang jalan rabat beton tersebut juga dipasangi bambu yang berhiaskan caping warna-warni.

Baca juga: Yuk Cicipi 4 Pantai di Pacitan Ini

Di dalam pasar, sesuai dengan konsep yang diangkat yakni tempo dulu, ornamen dan peralatan yang digunakan oleh para pedagang berupa alat-alat tradisional. Mereka menggunakan lincak dari bambu yang diberi lubang di tengahnya untuk tempat duduk penjual.

Peralatan makan juga menggunakan alat tradisional berupa piring gerabah, piring anyaman bambu, gelas dari batang bambu, mangkok dari batok kepala dan sendok dari kayu atau batok kelapa.

Ada aturan khusus untuk pengunjung yang akan berbelanja, yakni mereka hanya bisa membeli menggunakan benggol. Benggol merupakan alat tukar yang berupa lempengan kayu sebesar 2cmx2cm. Untuk mendapatkan benggol pengunjung harus membelinya di dekat gapura masuk pasar tersebut. Satu keping benggol dijual seharga Rp2.000.

Tak hanya belanja dan menikmati kuliner, pengunjung pasar ini juga bisa memanfaatkan waktu untuk bersantai dengan duduk-duduk di antara rumpun bambu. Banyak tempat duduk dari bambu dipasang di celah kosong.

Ketua Pasar Kebon Watu Gede, Fathur Mujib menyebutkan pasar yang dirintis pada Februari 2018 itu semakin ramai. Pengunjungnya kini bisa mencapai ribuan orang. “Pada hari Minggu [28/10] lalu, penukaran benggol mencapai Rp93 juta, dan hasil dari parkir sekitar Rp6 juta,” kata pria yang pernah menjadi Mas Kabupaten Magelang 2010. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*