Kampung Mural di Salatiga Semula Kampung ‘Nakal’

kampung mural
Kampung Wisata Pancuran | Foto: instagram kampung_pancuran
Mari berbagi

JoSS, SALATIGA – Dukuh Pancuran, Kelurahan Kutowinangun Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga yang dulu dikenal sarangnya pemuda ‘nakal’, kini berubah drastis. Bak gadis yang tengah bersolek, kampung ini kini dikenal dengan kampung mural.

Seperti dirilis Kompas.com, kampung mural ini terlihat begitu apik hingga akhirnya dinobatkan sebagai kampung wisata.

Secara sekilas, gambar mural terlihat berupa tokoh-tokoh besar asal Salatiga. Foto tokoh dilukis di atas tembok terpampang jelas di jalan sepanjang 200 meter itu.

“Kampung ini memang bukan warna-warni, tapi alhamdulillah berhasil diubah. Kita mengubah, intinya agar moral warga sini supaya lebih baik,” ujar Budi Sutrisno, tokoh warga Dusun Pancuran.

Kampung Wisata Pancuran dulunya kerap dijuluki kampung nakal. Kasus perkelahian, hingga tawuran kerap dilekatkan warga dusun tersebut. Namun perlahan citra itu menghilang dan berubah lebih positif selama 4 tahun terakhir.

Melalui kegiatan seni, warga diajak berubah menjadi lebih baik. “Dulu kasus berkelahi, tawuran, kalau mencuri di sini tidak ada. Kalau sekarang ketika ada tawuran mungkin satu dua, tapi sudah tidak seperti dulu. Dulu hampir tiap malam selalu ada masalah,” ucapnya.

Kampung Mural di Dusun Pancuran dilengkapi dengan titik nol, taman, dan berbagai macam gambar mural.

Baca juga: PT KAI Tambah Personel Untuk Awasi Rel Rawan Longsor

Pembangunan mural kampung Pancuran merupakan kolaborasi perusahaan cat AkzoNobel, yang juga merupakan produsen Dulux, bersama warga penduduk setempat.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, memuji kerja kreatif warga RW 04 Pancuran untuk mengubah lingkungannya menjadi hidup dna berwarna. Ia mewakili pemerintah Salatiga meyakini perubahan akan diikuti dengan perubahan perilaku dari warganya.

“Kami optimistis ini akan membantu meningkatkan kualitas lingkungan kota dan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk datang ke sini,” katanya.

Perwujudan kampung wisata Pancuran juga sejalan dengan visi untuk mengembangkan kawasan kota tanpa permukiman kumuh.

“Saya apresiasi AkzoNobel atas kontribusinya dalam membuat inisiatif ini menjadi kenyataan,” kata Yuliyanto di sela-sela peresmian kampung wisata tersebut.

Sementara itu, Head of Brand & Consumer Marketing AkzoNobel, Anastasia Tirtabudi, menambahkan, pihaknya antusias diberi kesempatan bekerja sama dengan masyarakat untuk mempercantik lingkungan.

Sebagai perusahaan cat, menurut Anastasia, AkzoNobel meyakini perubahan dari segi warna akan membuat suatu tempat menjadi lebih hidup. “Kami percaya pada kekuatan transformatif warna untuk memperkaya masyarakat dan membuat ruang tempat tinggal lebih berwarna, nyaman dan menyenangkan,” ujarnya.

Proses pembuatan Kampung Wisata Pancuran membutuhkan waktu sekitar delapan bulan, dengan pelibatan 100 orang warga setempat. (wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*