Rasio LDR Diperkirakan Tembus 90% BPD Antisipasi Pengetatan Likuiditas

BPD antisipasi pengetatan likuiditas
Ilustrasi | Foto: joss.co.id
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) mewaspadai adanya peningkatan rasio pinjaman terhadap simpanan (loan to deposit ratio/LDR) jelang akhir tahun. Untuk itu perlu dilakukan antisipasi pengetatan likuiditas keuangan perbankan.

Ketua Asbanda Kresno Sediarsi memperkirakan rasio pinjaman terhadap simpanan (LDR) di akhir tahun bisa menembus 90 % atau meningkat dari data terakhir yang berada di kisaran 80 hingga 90%, kondisi tersebut dikhawatirkan bakal menekan likuiditas keuangan perbankan.

Dia mengungkapkan sejak dua tahun lalu Asbanda telah rutin melakukan pertemuan untuk mengantisipasi pengetatan likuiditas di akhir tahun. Dalam pertemuan tersebut, masing-masing anggota membeberkan ketersediaan dananya.

Menurut dia anggota yang memiliki kelebihan dana dikumpulkan dalam satu wadah (pool). Dana tersebut akan digunakan untuk membantu anggota lain yang membutuhkan pendanaan.

“Di antar BPD sendiri ada yang posisinya berlebih ada yang kurang. Kalau bisa kami saling berbagi dulu baru nanti kalau kurang atau lebih masuk ke pasar,” ujarnya di Jakarta, Jumat (27/10) seperti dikutip dari CNN.

Tahun lalu, Kresno menyebutkan, dana berlebih yang terkumpul mencapai Rp3,4 triliun. Tahun ini, ia berharap ketersediaan dana berlebih tersebut tidak berkurang dibanding tahun lalu.

“Tahun ini, untuk persiapan, pertemuan baru mau dilaksanakan di Bukittinggi tanggal 16 (16 November 2018),” ujarnya.

Baca juga: Wirausahawan dan Profesionalis Wajib Pahami Teori Piramida Begini Penjelasannya

Di PT Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu kota Jakarta (Bank DKI), perusahaan di mana Kresno menjabat sebagai Direktur Utama, kondisi likuiditas masih relatif mencukupi. Per September 2018, LDR Bank DKI ada di kisaran 82% meningkat dari posisi bulan sebelumnya 78%.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk (BJB) Muhammad Asadi Budiman mengungkapkan mengetatnya likuditas BPD di akhir tahun merupakan siklus tahunan

“Di akhir tahun biasanya ketat karena beberapa pihak menarik dananya, khususnya pemerintah daerah untuk pembiayaan proyek,”ujarnya.

Selain itu, pengetatan likuiditas juga dipengaruhi kebijakan Bank Sentral AS The Fed. Tahun ini, The Federal Reserves diperkirakan masih akan mengerek suku bunga satu kali lagi.

Kebijakan tersebut diperkirakan akan mempengaruhi likuiditas di pasar. Per September 2018, Asadi menyebutkan LDR BJB terjaga di kisaran 88-89% sesuai dengan ekspansi kredit perusahaan yang mencapai Rp78,26 triliun.

Di akhir tahun, perusahaan menargetkan LDR bisa dijaga di kisaran 90-92% dengan kredit bisa tumbuh di kisaran 8% secara tahunan. Untuk itu, perusahaan telah mengantipasi dengan mendiversifikasi pendanaan.

Salah satunya, melalui penerbitan surat utang yang mulai dilakukan bulan lalu maupun sertifikat deposito.

“Kami sangat memahami tekanan likuiditas sejak Juni sampai September dirasakan sangat bertubi-tubi. Oktober kami merasakan tekanan tetapi tidak sebesar kemarin waktu Agustus, September yang jauh lebih besar. Sekarang, lebih stabil,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*