Presiden Interpol Hilang, China Masih Bungkam

Presiden Interpol
Presiden Interpol Meng Hongwei | Foto: gephardtdaily/russia-now/joss.co.id
Mari berbagi

JoSS, PERANCIS – Presiden Interpol Meng Hongwei dilaporkan hilang dalam perjalanan dari Lyon menuju China. Keluarga melaporkan pria 64 tahun ini tidak bisa dihubungi sejak 25 September.

Sejauh ini, pemerintah China masih bungkam mengenai hilangnya Hongwei yang disebut sumber AFP dilaporkan hilang sejak September dari markas Interpol di Lyon, Selatan Prancis. Istri Hongwei juga telah melaporkan hal serupa.

Hongwei adalah sosok pria ‘kalangan atas’ terakhir yang diduga hilang di China. Sebelumnya, sejumlah pejabat pemerintahan, bisnis miliarder, bahkan selebritis terkenal Asia telah lenyap selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan pada suatu waktu di China.

Jurgen Stock, sekretaris jenderal badan polisi internasional mengatakan seperti dikutip dari CNN mengatakan Interpol telah meminta klarifikasi melalui jalur resmi penegakan hukum dari otoritas China mengenai status Presiden Interpol Meng Hongwei.

Dia mengatakan lembaganya telah mengetahui kabar bosnya “yang diduga hilang. Ini adalah masalah bagi otoritas terkait Perancis dan China.

“Sekretariat Jenderal Interpol mengharapkan tanggapan resmi dari pemerintah China untuk mengatasi kekhawatiran atas keamanan Presiden,” lanjutnya.

Kabar hilangnya Meng sudah diketahui Kepolisian Perancis dan segera menyelidiki kasus ini. Kementerian Dalam Negeri Perancis mengatakan kepolisian tengah menempatkan istri Meng dalam pengamanan ketat setelah dikabarkan menerima beberapa ancaman melalui telepon dan media sosial.

Baca juga: Ada 173.655 Kursi Promo di KAI Online Travel Fair Ini Daftar Keretanya

“Perancis masih kebingungan soal situasi Presiden Interpol dan sangat prihatin dengan ancaman yang diterima istri dan anak-anaknya,” bunyi pernyataan Kemendagri Perancis.

Seorang sumber yang terlibat dalam penyelidikan mengatakan asumsi awal para penyelidik menganggap Meng kemungkinan ditangkap otoritas China karena menentang pemerintahan negara dengan cara tertentu. Sumber itu juga mengatakan “komunikasi dengan otoritas China terus berlanjut.”

Hingga kini belum jelas alasan Meng pergi ke China. Namun, mengutip sumber, South China Morning Post melaporkan bahwa pria 64 tahun itu sempat diinterogasi tak lama setelah mendarat di Negeri Tirai Bambu tanpa alasan jelas.

Meng diketahui menjabat sebagai Presiden Interpol sejak dua tahun lalu. Meski mengabdi pada Interpol, badan kepolisian internasional, dia tetap mempertahankan jabatan di kepolisian negara asalnya.

Meng sempat terdaftar sebagai wakil menteri di situs Kementerian Keamanan Publik China, namun kehilangan jabatannya itu pada April lalu dalam Komite Partai Komunis.

Meng berkecimpung dalam bidang peradilan pidana dan kepolisian sejak 40 tahun lalu. Selama itu, dia biasa memimpin lembaga-lembaga yang berkaitan dengan hukum, pengendalian narkotika, dan penanggulangan terorisme.

Meski staf interpol memiliki paspor dan hak istimewa khusus, kekebalan tersebut tidak berlaku di negaranya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*