Kecam Trump, Macron: Nasionalisme Berlebihan Bakal Mengarah Pada Kekalahan

Macron
Presiden Perancis Emmanuel Macron (kanan) menilai kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang proteksionis menjadi kekalahan fata | Foto : nbclosangeles.com
Mari berbagi

JoSS, AMERIKA SERIKAT – Presiden Perancis Emmanuel Macron mengecam kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang dinilai semakin proteksionis dan mengisolasi Amerika Serikat. Dia menegaskan, nasionalisme berlebihan akan mengarah pada kekalahan.

Dalam pidatonya, hadapan 192 negara anggota PBB, Selasa (25/9) waktu setempat Macron mengatakan nasionalisme berlebihan akan mengakibatkan kekalahan fatal, hal itu didasarkannya melihat sejarah perang dunia di Eropa.

Dia juga menyinggung pidato Trump di sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyebut AS menolak globalisme dan menganut nasionalisme. Trump menyebut kedaulatan dan kepentingan AS di atas segala-galanya.

“Saya tidak pernah berhenti menegakkan prinsip kedaultan bahkan dalam menghadapi gerakan nasionalisme tertenu yang kita lihat bersama hari ini, mengutamakan kedaulatan untuk menyerang negara lain,” ujar Macron.

Dia menambahkan hanya aksi kolektif yang memungkinkan penegakkan kedaulatan dan kesetaraan rakyat. Ini adalah alasan kami harus mengambil tindakan terhadap tantangan iklim, demografi, dan digital. “Tidak ada seorang pun yang dapat mengatasi hal ini,” katanya.

Baca juga : Terpilih Wakil Presiden ICW, Giwo: Produk UKM Indonesia Go Internasional

Presiden berusia 40 tahun itu juga memaparkan bahwa “perjanjian bilateral, kebijakan proteksionisme baru, tidak akan berfungsi,” di saat situasi global membutuhkan kerja sama multilateral.

“Nasionalisme selalu mengarah pada kekalahan. Jika keberanian kurang dalam mempertahankan prinsip fundamental, tatanan internasional menjadi rapuh dan ini dapat menyebabkan seperti yang telah kita lihat dua kali, Perang Dunia. Kita melihat kegagalan dengan mata kepala sendiri,” tutur Macron seperti dikutip CNN.

Pernyataan itu diutarakan Macron tak lama setelah Trump lebih dulu membacakan pidatonya di depan majelis umum.

Selain membanggakan pencapaian pemerintahannya selama dua tahun terakhir, Trump juga membanggakan sejumlah keputusan kontroversial seperti menerapkan tarif tinggi bagi produk impor sejumlah negara terutama China, penerapan sanksi terhadap Iran, dan keluarnya AS dari sejumlah organisasi internasional

Trump juga menyebut tidak akan memberikan dukungan dan pengakuan terhadap Mahkamah Pidana Internasional (ICC) untuk mengadili kasus pelanggaran HAM. Padahal ICC selama ini dibentuk guna mengadili penjahat perang dan pelaku kejahatan terhadap kemanusiaan.

Dia menambahkan sejauh yang AS ketahui, ICC tidak memiliki kewenangan, legitimasi, dan otoritas. ICC yang selama ini mengklaim memiliki yurisdiksi terhadap hampir seluruh warga di setiap negara di dunia, melanggar semua prinsip keadilan dan proses hukum.

“Kami tidak akan pernah menyerahkan kedaulatan Amerika kepada birokrasi global yang tidak akuntabel dan tidak dapat dipertanggungjawabkan,” tutupnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*