Press "Enter" to skip to content

KPK: OTT Bupati Cirebon Terkait Jual Beli Jabatan

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra dan enam orang lainnya. Operasi senyap kali ini disinyalir terkait dugaan suap jual beli jabatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Terkait dengan jual beli jabatan,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Rabu (24/10).

Basaria mengatakan tim penindakan KPK juga mengamankan barang bukti (BB) berupa bukti transfer dan uang. Namun, Basaria belum bisa mengungkap nominal transfer dan uang yang diamankan dari OTT ini. “BB-nya bukti transfer dan uang,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun, sejumlah pihak yang ikut diamankan adalah beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. Mereka yang diciduk dalam OTT telah dibawa ke Kantor KPK, Jakarta.

“Benar, hari ini ada giat di Cirebon. Ada unsur kepala daerah yang ikut diamankan,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo swperti dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (24/10) malam.

Baca juga: Kunjungi Pecinan, Sandiaga Uno: Wo Men Yi Jia Ren

Diketahui Sunjaya adalah bupati Cirebon periode 2014-2019, bersama wakilnya Tasiya Soemadi. Mereka berdua diusung oleh PDIP pada Pemilihan Bupati Cirebon 2013.

Dalam kegiatan tersebut, petugas KPK menemukan uang miliaran rupiah. “Belum dihitung, tapi miliaran,” ujar Agus.

Diduga uang yang ditemukan itu merupakan barang bukti mengenai transaksi suap yang melibatkan kepala daerah. Saat ini uang tersebut telah disita oleh KPK.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, penangkapan ini diduga terkait jual beli jabatan di lingkungan pemerintah daerah.

Sunjaya dan enam orang lainnya itu dibawa ke Kantor KPK, Jakarta, Rabu malam. Lembaga antirasuah itu memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut. (wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id