Press "Enter" to skip to content

Jangan Buang Kulit Pisang Ini Manfaatnya

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Ada banyak manfaat tak terduga dari kulit pisang. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kulit pisang antara lain karbohidrat, magnesium, vitamin B, dan juga serat.

Untuk membantu mengurangi sampah, sebenarnya kita dapat memanfaatkan kulit pisang untuk banyak hal seperti dirilis Kompas.com.

1. Diolah menjadi masakan

Kita mungkin berpikir mustahil rasanya kulit pisang yang pahit ini diolah sebuah hidangan. Tapi, orang-orang di belahan dunia lain memakainya sebagai bahan masakan.

Kulit pisang lalu rebus sekitar 10 menit agar teksturnya lebih lembut. Kita bisa membuatnya menjadi smoothie, dihaluskan lalu dimasukkan dalam adonan muffin dan sebagainya.

2. Membuat daging menjadi lebih empuk

Kulit pisang juga bisa membuat olahan daging menjadi empuk. Caranya, letakan kulit pisang ke dalam wadah yang kita pakai untuk memasak sebelum meletakan daging di atasnya. Kulit pisang akan menjaga kelembabapan daging yang membuatnya memiliki cita rasa lembut saat disantap.

3. Membersihkan sepatu

Mineral dalam pisang juga bisa dipakai untuk menyemir sepatu. Bahkan, beberapa orang percaya jika kulit pisang bisa digunakan untuk membersihkan perabotan rumah. Buang serabut yang ada pada kulit, lalu gunakan bagian dalamnya untuk menggosok sepatu.

Baca juga: Jembatan Suramadu Gratis Angkutan Kapal Penyeberangan Bakal Sepi

Setelah kulitnya menipis, bersihkan sepatu dengan tisu handuk. Sepatu favorit kita akan nampak baru tanpa bahan kimia beraroma tajam.

4. Penyubur tanaman

Kulit pisang juga bisa kita manfaatkan sebagai pupuk alami. Cukup kubur kulit pisang pada tanah yang akan dipakai untuk menanam. Dengan cara ini, tanaman akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Apalagi, jika kita meletakan kulit pisang pada kedalaman 25 milimeter di bawah tanah, kulit pisang mampu mengusir kutu daun yang akan menyerang tanaman.

5. Membersihkan tanaman dalam rumah

Sama seperti aksesori rumah, tanaman dalam ruangan bisa saja berdebu dan membuat tampilannya tidak menarik. Nah, coba manfaatkan kulit pisang. Usap bagian dalam kulit pisang di atas daun untuk mengangkat debu sehingga tanaman terlihat lebih sehat.

6. Meringankan rasa gatal atau nyeri

Riset dari Journal of Medical Association of Thailand menemukan ekstrak kulit pisang memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, kulit pisang mampu mengatasi gangguan kulit karena gigitan seranggga. Bahkan, kulit pisang juga mampu atasi poison ivy yang menimbulkan reaksi alergi. Kulit pisang juga mampu atasi sengatan matahari. Jadi, saat rasa gatal atau nyeri menyerang kulit, coba atasi dengan kulit pisang. (wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id