Ini 4 Tim yang Lolos ke Semifinal Piala Asia U-16 2018

Piala Asia U-16
Aksi sundulan pemain Timnas Australia U-16 Daniel Walsh saat menghadapi Timnas Indonesia U-16 pada perempat final Piala Asia U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10) | Foto : the-afc.com
Mari berbagi

JoSS, MALAYSIA – Jepang, Tajikistan, Australia dan Korea Selatan menjadi 4 tim yang sudah memastikan diri lolos ke semifinal Piala Asia U-16 2018. Selain lolos ke semifinal, keempat tim tersebut berhak tampil di Piala Dunia U-17 2019 yang akan digelar di Peru.

Selanjutnya Jepang akan menghadapi Australia di semifinal, sementara Tajikistan harus meladeni Korea Selatan. Kedua pertandingan digelar di tempat dan waktu yang berbeda pada Kamis (4/10).

Seperti diketahui, dalam laga perempat final Australia meraih tiket ke semifinal usai mengalahkan Timnas Indonesia U-16 lewat laga sengit yang berakhir 3-2 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10).

Padahal timnas Indonesia U-16 berhasil membuka keunggulan lewat aksi Sutan Zico di babak pertama, namun Australia berhasil membalikkan keadaan di paruh kedua.

Sementara itu, Korea Selatan menang susah payah atas India berkat gol tunggal Jeong Sang-bin di menit ke-68. India merupakan runner up Grup C di bawah Indonesia tak mampu mengimbangi Korsel.

Sehari sebelumnya, Jepang dan Tajikistan lebih dulu lolos ke semifinal Piala Asia U-16. Jepang menang atas Oman sementara Tajikistan sukses mengalahkan Korea Utara melalui drama adu penalti.

Selanjutnya Jepang akan menghadapi Australia di semifinal, sementara Tajikistan harus meladeni Korea Selatan. Kedua pertandingan digelar di tempat dan waktu yang berbeda pada Kamis (4/10).

Baca juga : BPJS Kesehatan Semarang Bayar Tunggakan Rp138,9 Miliar Untuk 20 Rumah Sakit

Sebelumnya, pada laga perempat final Piala Asia U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10), Timnas Indonesia U-16 sempat mengejutkan Australia di babak pertama. Meski tampil di bawah tekanan Australia, tim asuhan Fakhri Husaini mampu unggul 1-0 atas The Young Socceroos hingga akhir babak pertama.

Tampil di bawah tekanan Australia, Timnas Indonesia U-16 justru mampu mengejutkan Australia. Sutan Zico mampu mencetak gol pada menit ke-17 setelah memanfaatkan blunder Joseph Roddy dalam membuang bola.

Setelah Roddy gagal menyapu bola, Sutan Zico berhasil menguasai bola dan melepaskan tendangan kaki kiri mendatar yang tidak mampu dihentikan kiper Pavlesic. 1-0 untuk Indonesia. Penampilan gemilang kiper Ernando Ari Sutaryadi mampu membuat Timnas Indonesia U-16 mempertahankan keunggulan 1-0 hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua Australia bermain lebih agresif. Hasilnya, Australia mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-51 melalui gol Daniel Walsh. Memanfaatkan umpan tendangan bebas Birkan Kirdar, Walsh sukses memenangi duel udara dan menaklukkan kiper Ernando.

Gol Australia membuat Timnas Indonesia U-16 bermain lebih keras untuk mencetak gol melalui serangan balik yang cepat, tepatnya di menit ke-65 lewat Adam Leobruno. Australia kemudian memperlebar keunggulan menjadi 3-1 pada menit ke-74 melalui gol Noah Botic.

Timnas Indonesia U-16 tidak menyerah meski tertinggal dua gol. Penyerang pengganti Rendy Juliansyah berhasil memperkecil ketinggalan 2-3 pada menit ke-89. Menerima umpan lambung David Maulana, Rendy berhasil lepas dari jebakan offside dan menaklukkan kiper Pavlesic.

Tekanan terus diberikan Indonesia. Namun, penyelesaian akhir yang buruk oleh Amiruddin Bagus Kahfi saat injury time membuat Indonesia gagal menyamakan kedudukan. Australia akhirnya memastikan kemenangan 3-2 dan membuat Timnas Indonesia U-16 gagal ke Piala Dunia U-17 2019. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*