Dirancang Tahan Gempa Pembangunan PLTU Batang Capai 57,2%

PLTU Batang
Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang | Foto: instagram arfianto_agus (agus arfianto)
Mari berbagi

JoSS, BATANG – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang yang dirancang tahan gempa ini bakal diujicoba akhir 2019 menyusul penyelesaian pembangunan konstruksinya yang telah mencapai 57,2%.

Presiden Direktur PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) Takashi Irie mengatakan pencapaian progres pembangunan PLTU berkapasitas 2 x 1.000 megawatt (MW) tersebut tercatat hingga September 2018.

Menurut dia, realisasi tersebut lebih rendah dari rencana yang telah disusun BPI sebesar 59,9% untuk September 2018. Kendati demikian, perseroan tetap optimistis proyek yang nilai investasinya mencapai US$4,2 miliar tersebut akan selesai tepat waktu.

Selaku pemegang proyek, BPI menilai melesetnya target pembangunan itu disebabkan adanya sejumlah hambatan nonteknis, antara lain cuaca.

“Hambatan utama yang menimbulkan keterlambatan pembangunan proyek PLTU itu, antara lain, kondisi cuaca hutan. Kendati demikian, kami optimistis PLTU akan dioperasinalkan sesuai target,” katanya, di area proyek PLTU Batang, Selasa (30/10) seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan pembangunan PLTU Batang akan tahan terhadap guncangan gempa karena konstruksi bangunan menggunakan teknologi canggih dan bahan peralatan yang kuat.

Adapun PLTU Batang ditargetkan beroperasi penuh pada akhir 2020. Menurutnya, dari segi teknis, belum ada kendala berarti yang bisa menghambat konstruksi proyek tersebut.

“Commercial operation date [COD] unit 1 rencananya pada akhir Mei atau Juni 2020, sementara untuk unit dua di akhir November atau Desember 2020,” katanya.

Baca juga: Australia Larang Pejabatnya Gunakan Lion Air

Dia menjelaskan pembangkit tersebut memakai teknologi ultra super critical (USC) yang diklaim paling canggih dan ramah lingkungan. Pasalnya, efisiensi panas yang lebih tinggi memungkinkan konsumsi batu bara dan emisi CO2 yang lebih rendah.

“Efisiensinya di atas 10% dari PLTU dengan teknologi subcritical,” tuturnya.

Untuk batu bara, utamanya akan dipasok oleh PT Adaro Indonesia, anak usaha PT Adaro Energy Tbk. Seperti diketahui, BPI merupakan perusahaan patungan yang didirikan oleh tiga perusahaan, yakni Electric Power Development Co., Ltd (J-Power), PT Adaro Power yang merupakan anak perusahaan Adaro Energy, dan Itochu Corporation (Itochu).

Berdasarkan perjanjian jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) PLTU Batang, PT PLN (Persero) akan jadi pihak pembeli selama 25 tahun sejak COD.

Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Nasikhin mengatakan PLTU ini dipastikan nantinya akan menyerap tenaga kerja lokal dan membawa daya tarik investor untuk menanam investasi di daerah ini.

Hingga saat ini jumlah tenaga kerja untuk proyek PLTU Batang terus meningkat. Hingga 12 Oktober 2018, tenaga kerja per hari mencapai 8.963 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 8.683 orang atau 96,88% merupakan pekerja lokal dan sisanya sebanyak 280 orang atau 3,12% merupakan tenaga asing.

Untuk pekerja lokal, sebanyak 2.636 atau 29,41% di antaranya berasal dari Batang, sementara pekerja lokal dari luar batang tercatat sebanyak 6.047 orang atau 67,47%. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*