Beban Produksi Melonjak PLN Janji Tak Naikkan Tarif Listrik

tarif listrik
Ilustrasi | Foto : instagram amadmade76
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA –  PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memastikan tidak ada kenaikkan tarif listrik hingga 2019 meski beban produksi pada Semester Pertama tahun ini  membengkak hingga Rp10 triliun. Konsekuensinya laba perseroan bakal merosot.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan mengatakan kebijakan menahan harga listrik itu memang akan menggerus laba perusahaan. Namun, itu adalah konsekuensi yang harus diterima PLN demi kepentingan masyarakat.

“Konsekuensinya, laba perseroan tahun ini bakal merosot. Hal itu seperti yang terjadi tahun lalu di mana laba perseroan merosot 71,67 persen dari Rp15,6 triliun pada 2015 menjadi hanya Rp4,42 triliun,” katanya, belum lama ini.

Menurut dia keputusan untuk tidak menaikkan tarif listrik ini merupakan arahan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Semua golongan kami tahan dulu harganya, apalagi industri jangan, Itu kan sudah komitmen Pak Menteri (Menteri ESDM Ignatius Jonan),” katanya.

Sofyan mengungkapkan kenaikan beban produksi perseroan pada paruh pertama tahun ini disebabkan oleh depresiasi rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan lonjakan harga minyak.  Depresiasi rupiah Rp100 per dolar AS  membuat biaya produksi PLN terdongkrak Rp1,3 triliun. Akibatnya, beban produksi akibat pelemahan rupiah hampir mencapai Rp7 triliun.

Baca juga : Baterai Motor Listrik Buatan Pertamina-UNS, 100 Km Cukup Rp 5.000

Dia menambahkan sejak periode 1 Januari 2018 hingga kini, pemerintah juga tidak menaikkan tarif listrik untuk golongan subsidi dan nonsubsidi. Perician tarif tersebut yakni rumah tangga 450 VA, tetap sebesar Rp 415 per kWh. Kemudian, rumah tangga 900 VA tidak mampu Rp 586 per kWh, rumah tangga 900 VA mampu Rp 1.352 per kWh. Adapun pelanggan nonsubsidi Rp 1.467 per kWh.

Meski demikian, lanjutnya, laba operasi hingga saat ini masih untung sesuai dengan jumlah batu bara yang dibeli PLN. PLN bisa berhemat sekitar Rp1 triliun setelah pemerintah memberlakukan kebijakan harga batu bara khusus bagi kebutuhan listrik sebesar US$70 per ton.

Selain itu, pertumbuhan penjualan listrik hingga Mei 2018 telah menunjukkan percepatan dibandingkan tahun lalu. Hal itu bisa menahan tergerusnya laba perseroan.
“Laba operasi masih untung,” tambahnya.

Adapun, laba bersih PLN tahun lalu, tercatat Rp 4,42 triliun. Capaian itu turun 45,7 persen dibandingkan perolehan laba tahun sebelumnya yang mencapai Rp 8,15 triliun.

Direktur Perecanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman mengungkapkan konsumsi listrik selama Januari-Mei 2018 tumbuh 5,09 persen secara tahunan atau membaik dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya tumbuh sekitar tiga persen.

Sayangnya, angka pertumbuhan tersebut masih di bawah target jika dibandingkan target penjualan listrik 2018 dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2018-2027 yang membidik pertumbuhan 6,8 persen. Secara bulanan, penjualan listrik Mei 2018 tumbuh 7 persen.

“Permintaan yang membaik masih dari industri yang (penjualan listrik) bisa tumbuh sekitar tujuh hingga delapan persen,” ujar Syofvi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*