Press "Enter" to skip to content

Equnix Dorong Generasi Milenial Optimalkan Open Source

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – PT Equnix Business Solutions penyedia layanan teknologi informasi berbasis open source‎ memberikan edukasi mengenai solusi Open Source sebagai alternatif mutakhir dan memainkan peranan penting pada bisnis TI di beberapa universitas di Semarang.

CEO PT Equnix Business Solutions Julyanto Sutandang mengatakan sosialisasi open source ke sejumlah kampus ini untuk menambah wawasan mahasiswa yang fokus di bidang teknologi agar mengembangkan diri dan membangun kreativitas sehingga bisa menjadi pengusaha berbasis teknologi (technopreneur).

Hal ini, lanjutnya dilakukan melalui kerjasama pelatihan, mentoring, dan magang serta peluang membangun jaringan lembaga riset berbasis Open Source.

Dia mengakui pada era digital ini teknologi informasi (TI) memegang peran vital di dunia bisnis. Hal itu yang mendasari pertumbuh perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi dan e-commerce begitu pesat.

Meski demikian, lanjutnya masih terjadi kesenjangan yang cukup lebar di ketersediaan tenaga ahli TI. Sehingga banyak perusahaan teknologi yang merekrut tenaga ahli dari luar negeri.

“Untuk itu kami terus menginisiasi kampanye edukasi pentingnya penguasaan TI bagi para milenial, khususnya kalangan mahasiswa. Dalam rangka mendukung usaha pemerintah dalam menciptakan 1.000 technopreneur di tahun 2020,” katanya, Rabu (12/9).

Di Semarang, selama dua hari, Rabu (12/9) dan Kamis (13/9) Equnix menyasar mahasiswa program studi teknik informatika dari Politeknik Negeri Semarang (Polines), Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata, Universitas Semarang, Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Baca juga : Perajin Furniture dan Handycraft Berjaya Saat Dolar Perkasa

“Kegiatan ini merupakan lanjutan inisiasi kami, perjalanan roadshow yang ke-4, setelah Malang, Surabaya, dan Kediri,” ujar dia.

Julyanto mengatakan sosialisasi pengelolaan bisnis berbasiskan TI menggunakan software open source adalah hal utama yang diedukasikan Equnix kepada mahasiswa.

Lewat kegiatan tersebut, lanjutnya wawasan TI para mahasiswa diharapkan terbuka sehingga mereka mampu mengembangkan diri dan membangun kreatifitas. Dengan demikian akan mendorong para mahasiswa menjadi seorang technopreneur.

“Melalui kampanye edukasi open source yang dilakukan PT Equnix Business Solutions diharapkan para mahasiswa memiliki pemahaman tentang keunggulan software open source di dunia bisnis serta memberikan gambaran alternatif bisnis yang dapat dikembangkan oleh para lulusan TI,” timpal Ketua Program Studi Teknik Informatika Polines, Sukamto.

Menurut Julyanto, software berbasis open source menjadi alternatif menarik ditengah masifnya pemanfaatan software komersial berlisensi yang cenderung memonopoli pasar.

Selain itu, perkembangan penggunaan software open source dewasa ini seakan menjadi udara segar pemanfaatan TI di Indonesia. “Karena memungkinkan adanya penggunaan software legal tanpa biaya lisensi,” ujar Julyanto.

Menurut dia dengan menggunakan teknologi berbasis open source, maka ada kemandirian dari sisi pemanfaatan. Tidak ada ketergantungan, paksaan, maupun kepasrahan karena tidak memiliki pilihan.

Software berbasis open source memberikan kebebasan, pilihan, kejujuran, kemerdekaan, tanpa ada ketergantungan terhadap vendor. Dan implementasi software berbasiskan open source terbukti menjadi solusi alternatif di banyak infrastruktur TI dan memberikan keuntungan lebih baik.

“Software berbasis open source semacam postgreSQL itu lebih bagus di security-nya, support system-nya maupun performance-nya. Sehingga tidak mengherankan jika dalam tiga tahun terakhir, berbagai kalangan bisnis, perbankkan, perusahaan telekomunikasi hingga ritel mulai membangun infrastruktur sistem TI-nya, entah itu di sistem operasinya maupun di sistem database-nya,” imbuh dia. (joy/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id