Aroma Rendang Koalisi Di Meja Makan Jokowi

koalisi
Presiden Joko Widodo menggelar santap malam bersama enam ketua partai politik anggota koalisi pemerintahannya di Istana Bogor Senin (23/7) | Foto : instagram jokowi
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Menjelang 4 Agustus 2018 ada saja cara yang dilakukan oleh tokoh-tokoh partai politik dalam mencari koalisi baik dalam rangka mencari pasangan maupun untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Satu tahapan dalam agenda akbar politik di Indonesia yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden yang diselenggarakan bersamaan dengan pemilihan langgota legislatif pada 2019 adalah pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden yang mulai di lakukan pada 4-10 Agustus mendatang.

Senin (23/7) Presiden Joko Widodo menggelar santap malam bersama enam ketua partai politik anggota koalisi pemerintahannya di Istana Bogor.

Belum diketahui menu yang disajikan Jokowi terhadap enam ketua partai itu. Namun Ketua PPP Romahurmuziy yang ikut dalam acara itu sebelumnya mengungkapkan bahwa Jokowi akan menyajikan menu bernama ‘rendang koalisi’.

“Yang pasti, malam ini acaranya adalah makan malam dengan menu ‘rendang koalisi’,” kata Rommy, sapaan Romahurmuziy seperti dikutip dari CNN.

Pihak Istana Kepresidenan mengirimkan foto acara santap malam tersebut. Dalam foto terlihat Jokowi duduk di ujung meja makan menengahi enam ketua umum partai politik.

Enam ketua partai yang hadir adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang duduk berdampingan dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Baca juga : Jokowi Kantongi 5 Nama Kandidat Cawapres

Di sisi lain ada Ketua Umum NasDem Surya Paloh yang duduk berdampingan dengan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang dan Romahurmuziy.

Pertemuan ini digelar beberapa hari menjelang KPU membuka pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden pada 4 sampai 10 Agustus mendatang. Namun pihak Istana masih belum mengungkapkan agenda yang dibahas Presiden dengan para elite partai ini.

Acara santap malam Jokowi bersama para ketua partai koalisi juga berbarengan pertemuan yang digelar Persaudaraan Alumni 212 dengan sejumlah petinggi internal serta pejabat teras empat partai politik yakini Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Berkarya.

Merujuk dari surat undangan yang telah beredar di media sosial, agenda pertemuan itu adalah Bertukar Pikiran untuk Kemaslahatan Umat dan Bangsa. Mereka direncanakan duduk bersama di Hotel Sultan, Jakarta mulai pukul 19.00 WIB, Senin (23/7).

Dalam daftar undangan yang ditandatangani Ketua Dewan Penasihat PA 212 Amien Rais, tercantum nama Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Gerindra, PAN, PKS dan Berkarya.

Selain itu, para petinggi PA 212 yang turut diundang antara lain Eggi Sudjana, Fahira Idris, Letjen (Purn) Syarwan Hamid, Yusuf Muhammad Marta, Usamah Hisyam, Misbahul Anam, Ahmad Shobri Lubis, dan Achmad Mihdan. Total jumlah undangan yang terlampir mencapai 33 orang. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*