Mempelajari Budaya Indonesia, 27 Mahasiswa Mesir dapat Beasiswa RI

mahasiswa mesir
Dubes RI untuk Mesir Helmy Fauzi (kiri) menyerahkan simbolik beasiswa kepada 27 WN Mesir untuk belajar di Indonesia, Kamis (9/8) waktu setempat | Foto : kemlu.go.id/KBRI Mesir
Mari berbagi

JoSS, CAIRO MESIR – Pemerintah Indonesia memberikan beasiswa bagi 27 mahasiswa warga Mesir selama satu tahun. Beasiswa ini khususnya diberikan bagi mahasiswa yang tengah mempelajari bahasa dan budaya Indonesia di Universitas Negeri Malang.

Warga yang akan belajar kebudayaan nusantara ini merupakan penerima beasiswa Darmasiswa RI. Kelak, saat berada di Indonesia, mereka akan disebar ke sejumlah kampus yang termasuk dalam daftar perguruan tinggi Beasiswa Darmasiswa.

Enam dari 27 orang akan mempunyai kesempatan menempuh studi S2 di berbagai universitas ternama di Indonesia. Mereka mendapatkan beasiswa penuh selama 3 tahun. Keenam orang ini merupakan peraih Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

Selain 27 orang ini, ada 2 warga Mesir yang juga akan bertolak ke Jakarta selama 10 hari. Mereka adalah juara satu Lomba Pidato dan Lomba Bercerita dalam Bahasa Indonesia bagi penutur asing.

Perlombaan tersebut diselenggarakan KBRI Kairo, Mesir beberapa waktu lalu. Khusus bagi pemenang lomba, mereka akan berkesempatan mengikuti peringatan Detik-Detik Proklamasi yang akan digelar pada 17 Agustus mendatang di Istana Merdeka Jakarta.

Setelah itu, mereka akan berkeliling Sumatera Barat untuk mengenal salah satu budaya tradisional Indonesia, terutama Suku Minang.

Seperti dikutip dari CNN, dalam acara Pelepasan dan Pembekalan yang digelar di KBRI Cairo, Cairo, (9/8), Dubes Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi berharap para penerima beasiswa dan juara lomba dapat mempelajari lebih jauh budaya nusantara.

“Semoga setelah pulang nanti, kalian dapat menjadi Duta Indonesia di Mesir yang semakin mempererat hubungan Indonesia dan Mesir,” kata dia.

Baca juga : Festival Cheng Ho Ditarget Mampu Sedot 50.000 Wisatawan

Dubes Helmy juga mengusulkan adanya forum alumni warga Mesir penerima beasiswa RI, juara lomba pidato dan program pertukaran pelajar RI-Mesir. Harapannya, forum ini dapat memelihara kedekatan warga Mesir dengan KBRI dan masyarakat Indonesia.

“Pengalaman yang baik selama di Indonesia harus makin sering diceritakan agar kian banyak warga Mesir yang tertarik mempelajari Indonesia,” urai Dubes Helmy.

Acara pembekalan ini sendiri berisi pemberian sejumlah materi tentang pengenalan budaya Indonesia. Selain itu, beberapa mantan penerima Beasiswa Darmasiswa juga ikut berbagi pengalaman selama di Indonesia. Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo, Usman Syihab menjelaskan acara pembekalan ini bertujuan untuk memberi pemahaman awal tentang Indonesia.

“Saya berharap acara pembekalan ini bermanfaat sehingga dapat langsung menyesuaikan diri dengan lingkungan di Indonesia sehingga dapat belajar dengan dengan baik,” kata Usman.

Di sela-sela acara, beberapa peserta mengaku gembira karena terpilih sebagai penerima beasiswa Indonesia. “Ini adalah impian saya sejak lama,” tutur Rania. (cnn/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*