UMY Kirim Bantuan dan Tim KKN Mahasiswa Bantu Korban Gempa Lombok

korban gempa
Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang tergabung dalam kelompok Generasi Indonesia Mengabdi (Genesia#3) di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) di Dusun Sajang dan Dusun  Bawak Nao, Sembalun | Foto : istimewa/joss.co.id/UMY
Mari berbagi

JoSS,MATARAM- Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) menerjunkan bantuan dan Tim KKN Mahasiswa untuk membantu evakuasi masyarakat yang menjadi korban gempa bumi 6,4 skala richter yang mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7) pagi.

Rektor UMY, Gunawan Budianto mengatakan pihak unversitas merespon cepat untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa.

Kondisi akibat gempa tersebut direspon cepat oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang tergabung dalam kelompok Generasi Indonesia Mengabdi (Genesia#3) di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) di Dusun Sajang dan Dusun  Bawak Nao, Sembalun.

Dia menjelaskan bahwa saat ini mahasiswa KKN UMY di Sembalun dituntut lebih ekstra dalam membantu masyarakat yang terkena bencana. “Diterjunkannya mahasiswa UMY ke daerah 3T sangat membantu masyarakat terutama dalam menanggapi akibat gempa,” katanya.

korban gempa
Kondisi masyarakat di pengungsian korban gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat | Foto : istimewa/joss.co.id/UMY

Posisi gempa pada episentrum koordinat  8,4 LS dan 116,5 BT kedalaman 24 KM yang dipengaruhi oleh sesar Flores ini menyebabkan ratusan bangunan rusak dan korban luka-luka dan meninggal dunia. Gempa di Lombok ini serupa dengan gempa di Bantul tahun 2006 yang lalu, yakni berpusat di daratan.

Gunawan menambahkan, saat ini UMY terus berkoordinasi dengan tim KKN Genesia#3. “Kurang lebih 50 orang yang kami terjunkan di Sembalun dibagi menjadi dua kelompok yakni 25 orang mengabdi di Dusun Sajang dan 25 orang lagi di Dusun Bawak Nao,” tandasnya.

Gunawan menambahkan, UMY, tim KKN, serta MDMC, maupun Lazismu akan terus memberikan penanganan secara intens kepada masyarakat dan para korban serta mendampingi masyarakat untuk mengurangi trauma karena gempa.

“Tim KKN UMY juga mencari bantuan logistik dari berbagai pihak, kemudian dibantukan di beberapa desa untuk mendirikan tenda pengungsi, dan pedampingan jangka panjang terhadap masyarakat maupun para korban gempa,” tutupnya.

Baca jugaSpanyol Anggarkan 30 Juta Euro Biayai Pengungsi

Humas UMY Luqyana Dhifa mengatakan dua tim KKN Mandiri Genesia UMY yang kini berada di Lombok Timur, Nusatenggara Barat, seperti halnya warga masyarakat kirban gempa yang lain kini berada di tenda-tenda darurat. Karena kerusakan tempat pemukiman yang digunakan sebagai posko KKN Mandiri Genesia.

Laporan terkini KKN Mandiri Genesia UMY menyatakan  tim satu yang berada di Dusun Bawak Nao  dan tim dua di Dusun Sajang,  Lombok Timur, kepada Joss.co.id menyatakan Tim Genesia satu (dusun Bawak Nao) kini berkumpul disatu titik guna menjaga keamanan bersama di posko perempuan, dikarenakan ada beberapa kerusakan bangunan di posko laki-laki.

“Dari tim satu juga telah membentuk tim khusus untuk melakukan olah data membantu masyarakat untuk melakukan pendataan korban hempa di Dusun Bawak Nao Lau, Bawak Nao Daya dan Kampung Karya,” katanya.

Sedang Tim Genesia dua (Dusun Sajang) berkumpul disatu titik tepatnya di posko pengungsian lapangan SDN 3 Sajang bersama masyarakat, dikarenakan posko laki-laki juga terdapat beberapa kerusakan bangunan.

Tim KKN Mandiri Genesia UMY  saat ini juga tengah membantu warga untuk fasilitator, membantu tenaga medis dan logistik.  Terutama pendataan data masyarakat dari jumlah keluarga, kerusakan bangunan, dan data berapa anggota  masyarakat yang sakit.

Tim KKN Genesia saat ini tengah menunggu koordinasi dari MDMC PP Muhammadiyah terkait pendirian posko bencana dan penampungan bantuan dari luar, sekaligus menjadi relawan penyaluran bantuan posko yang membutuhkan di sekitar Sembalun.

Tim Genesia masih membuka penggalangan dana untuk korban gempa  di Lombok Timur yang terdampak bencana.  “ Apabila berkenan mengulurkan bantuan silahkan kontak media sosial Indonesia Mengabdi. Beberapa kebutuhan yang diperlukan di dusun Bawak Nao dan dusun Sajang berupa logistik, tenda, air bersih, makanan untuk anak-anak, obat-obatan, dan toilet darurat,” katanya. (gdo/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*