Ajaib, Bocah 12 Tahun Selamat Dalam Kecelakaan Pesawat Demonim Air Papua

kecelakaan pesawat
Jumaidi (12 tahun) di tandu petugas TNI dan Polri dibantu warga setelah ditemukan selamat dari kecelakaan pesawat Demonim Air yang jatuh di pegunungan di gunung Menuk, Oksibil Papua Sabtu (11/8) | Foto : berbagai sumber
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Sungguh ajaib, Jumaidi (12 tahun) ditemukan selamat dari kecelakaan pesawat Demonim Air yang jatuh di pegunungan di gunung Menuk, Oksibil Papua Sabtu (11/8).  Sementara, 8 korban lainnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Puru Arga, Kepala SAR Jayapura, mengatakan Jumaidi  dievakuasi ke Jayapura untuk mendapat perawatan intensif di RS Bhayangkara Jayapura. “Evakuasi korban dilakukan dengan menggunakan pesawat milik Demonim Air langsung dari Oksibil. Selain patah tangan kanan, korban juga cidera di bagian perut,” ujarnya di Jayapura Minggu (12/8) seperti dikutip dari Antara.

Dia menambahkan Tim SAR juga sudah berhasil mengevakuasi seluruh jasad penumpang dan crew pesawat naas dengan kode penerbangan PK-HVQ dan saat ini seluruhnya sudah berada di RSUD Oksibil.

“Kondisi jenasah korban utuh, sehingga proses identifikasi akan dilakukan Senin (13/8) setelah Tim DVI RS Bhayangkara tiba di Oksibil,” tambahnya.

Kepala SAR Jayapura yang memimpin langsung pencarian di Oksibil mengatakan, kedua crew pesawat naas yakni Leslie Suvuve yang berkebangsaan Papua Nugini (PNG) dan Wayan Sugiarta akan dievakuasi Senin (13/8).

Pesawat milik Dimonim Air yang dipiloti Leslie Sevove dan Co pilot Wayan Sugiarta, terbang dari Tanah Merah, Sabtu (11/8) pukul 13.42 wit dan dijadwalkan tiba di Oksibil pukul 14.20 wit.

Tujuh penumpang yang ikut dalam pesawat tersebut yakni Sudir Zakana, Martina Uropmabin, Hendrikus Kamiw, Lidia Kamiw, Jamaludin, Naimus, dan Jumaidi.

Kondisi Jumaidi yang masih hidup dengan luka patah tangan kanan dan luka di perut tersebut cukup mengejutkan karena 6 penumpang, pilot dan co-pilot tewas dalam kecelakaan pesawat yang terjadi Sabtu siang (11/8).

Seperti diketahui, pesawat Demonim Air dengan nomor penerbangan PK-HVQ jatuh dalam perjalanan Tanah Merah-Oksibil, Papua, Sabtu (11/8/2018). Para petugas tim gabungan SAR menemukan pesawat jenis Pilatus buatan Selandia Baru itu jatuh di gunung Menuk.

Pesawat milik Dimonim yang dipiloti Leslie Sevove dan co-pilot Wayan Sugiarta, terbang dari Tanah Merah, Sabtu (11/8) pukul 13.42 WIT dan dijadwalkan tiba di Oksibil pukul 14.20 wit. Tujuh penumpang yang ikut dalam pesawat tersebut yakni Sudir Zakana, Martina Uropmabin, Hendrikus Kamiw, Lidia Kamiw, Jamaludin, Naimus, dan Jumaidi.

Tim Sar berhasil menemukan lokasi jatuhnya pesawat Minggu siang (12/8) atau lebih dari 20 jam sejak pesawat dinyatakan hilang kontak.

Baca juga : Seorang Pekerja Maskapai Nekad Mencuri Pesawat berjenis Horizon Air Q400

“Sementara itu korban lainnya yang sudah merupakan jenazah, dalam proses evakuasi,” lanjut  AKBP Michael.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal menuturkan bocah laki-laki bernama Jumadi itu kemudian dievakuasi ke RSUD Oksibil melalui jalan darat. Namun kemudian dibawa ke Jayapura untuk perawatan intensif.

“Yang selamat, anak-anak umur 12 tahun atas nama Jumaidi, tadi dievakuasi langsung dibawa ke Jayapura untuk dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura,” ujarnya.

Lebih jauh Ahmad menjelaskan kronologi musibah pesawat naas itu bermula ketika pesawat Dimonim Air PK-HVQ, Tipe PAC 750XL milik PT Martha Buana Abadi yang membawa tujuh penumpang terbang dari Bandar Udara Tanah Merah di Kabupaten Boven Digoel ke Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Sabtu (11/08) sekitar pukul 13.00 WIT.

Semestinya pesawat itu menempuh perjalanan selama 40 menit menuju tujuan, namun pada menit ke-30, pesawat tersebut hilang kontak. “Pada saat itulah kita kehilangan kontrak,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Ditjen Perhubungan Udara Sindu Rahayu mengatakan pesawat dengan nomor penerbangan PK-HVQ dijadwalkan mendarat pukul 14.30 WIT di Bandara Oksibil, namun hilang kontak pukul 14.17 WIT.

Pesawat itu terakhir melaporkan berada di posisi ketinggian 7.000 kaki.

“Upaya pencarian pesawat PK-HVQ juga dilakukan dengan cross check traffic ke Tower Tanah Merah, Dekai, Sentani dan Wamena sampai dengan pukul 15.35 WIT. Pukul 15.46 WIT Distress phase (DETRESFA) progres tentang keberadaan pesawat belum mendapatkan titik terang,” kata Sindu dalam keterangan tertulis.

Pada sore harinya, masyarakat melaporkan adanya pesawat yang terbang rendah di wilayah Gunung Menuk, Distrik Aerambakon.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal menambahkan evakuasi pesawat dimulai pada Minggu (12/08) pukul 06.00 WIT oleh tim SAR gabungan terdiri dari Basarnas, TNI-Polri, Pemda dan masyarakat setempat sebanyak 60 orang.

“Kemudian dievakuasi, jam 12.00 WIT korban sudah sampai ke RSUD Oksibil,” Tapi karena fasilitas terbatas di RS Oksibil, korban yang selamat kemudian di bawa ke Jayapura. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*