Press "Enter" to skip to content

8 Unit Bus Trans Jateng Beroperasi di Banyumas

Mari berbagi

JoSS, PURWOKERTO – Masyarakat Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah kini memiliki alternatif moda transportasi massal modern berupa Bus Trans Jateng. Sebanyak 8 dari 14 armada bus rapid transit (BRT) ini akan diluncurkan oleh Gubernur Jateng pada Senin, (13/8).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan masyarakat Jawa Tengah khususnya Purwokerto dan Purbalingga BRT trans Jateng kini melayani angkutan dari terminal Bulu Pitu Purwokerto hingga Terminal Bukateja Purbalingga.

Dia mengatakan tarifnya sangat murah, yakni Rp4.000 rupiah untuk umum dan hanya Rp2.000 rupiah untuk pelajar, buruh dan veteran. Bahkan gratis di tiga hari pertama saat launcing (13-15/8) . “Jadi ayo naik BRT, semakin aman semakin nyaman dan tidak bikin macet,” kata Ganjar dalam video singkat terkait pengumuman tersebut.

Meski belum di-launching, Bus Trans Jateng sudah mulai diuji coba. Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo bersama para pejabat Pemkab Banyumas ikut dalam uji coba untuk merasakan langsung kenyamanan BRT dengan rute Purwokerto-Bukateja (Purbalingga) tersebut.

“Saya ikut uji coba BRT dan memastikan kesiapan launching BRT oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Senin (13/8/2018) besok,” kata Budi Wibowo, Sabtu (11/8/2018).

Dari hasil uji coba, ada hal yang perlu dibenahi demi kenyamanan dan keamanan penumpang. Misalnya halte yang menurut bupati masih lebih tinggi sekitar 20-30 cm.

Rute BRT Purwokerto-Bukateja dimulai dari Terminal Bulu Pitu, melintasi Jalan Sultan Agung, Jalan Menteri Supeno, Jalan Jenderal Sudirman Sokaraja, Jalan Letjend Suprapto, Jalan Klahang Sokaraja.

Baca juga : Pembangunan Stasiun Kereta di Bandara Solo Ditarget Rampung September

Lalu Jalan Jompo Kulon, Jalan Mayjend Sungkono, Jalan Ahmad Yani, Jalan Komisaris Noto Sumarsono, Jalan Letkol Isdiman, Jalan Letjen S Parman, Jalan Raya Bojong, Jalan Raya Purbalingga-Banjarnegara, dan berakhir di Terminal Bukateja Purbalingga.

Adapun rute sebaliknya adalah dari Bukateja-Purwokerto dimulai dari Terminal Bukateja melintasi Jalan Raya Purbalingga-Banjarnegara, Jalan Raya Bojong, Jalan Letjen S Parman, Jalan Letkol Isdiman, Jalan Komisaris Noto Sumarsono, Jalan Ahmad Yani, Jalan Mayjend Sungkono.

Lalu Jalan Jompo Kulon, Jalan Klahang Sokaraja, Jalan Letjend Suprapto, Jalan Jenderal Sudirman Sokaraja, Jalan Suparjo Rustam, Jalan Gerilya, Taman Andhang Pangrenan, Jalan S Parman, Jalan Jend Sudriman. Dilanjutkan ke Jalan RA Wiriaatmaja, Jalan Gatot Subroto, Jalan Merdeka, Jalan S Parman, Jalan Suwatio dan berakhir di Terminal Bulu Pitu Purwokerto. Rute ini berjarak 39 km.

“Untuk sementara bus yang akan di-launching oleh gubernur sebanyak 8 unit dari 14 armada yang akan beroperasi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Sugeng Hardoyo.

Masyarakat umum yang ingin mencoba Bus Trans Jateng ini diberikan kesempatan secara gratis mulai Senin hingga Rabu  mendatang. Namun setelah itu tarif BRT mulai berlaku, yakni Rp4.000 untuk masyarakat umum dan Rp2.000 untuk pelajar.

Waktu berhenti di setiap halte, kata Sugeng, hanyalah 30 detik. Adapun jarak antarbus 10-15 menit pada waktu normal dan 15-20 menit pada jam-jam sepi.

“Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dijadwal melakukan launching operasional BRT Trans Jateng Koridor Purwokerto-Purbalingga di Terminal Bulu Pitu Purwokerto Senin (13/8) lusa,” kata Sugeng Hardoyo. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id