Press "Enter" to skip to content

BRT Trans Semarang Rute Bandara Beroprasi Sampai Pukul 00.00 WIB

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Penyedia angkutan publik BRT Trans Semarang memperpanjang waktu layanan khusus untuk rute ke Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang sampai pukul 00.00 WIB setiap harinya. Langkah tersebut untuk mengantisipasi kekurangan armada pengangkut penumpang dari terminal baru, mengingat masih terbatasnya jumlah taksi yang beroperasi di Bandara Semarang.

Kebijakan tersbut atas perintah Walikota Semarang Hendrar Prihadi, yang memerintahkan mulai Selasa 12 Juni 2018, armada angkut dalam kota kebanggaan warga Kota Semarang Koridor V yang semula hanya sampai pukul 18.00 WIB, diperpanjang operasinya sampai pukul 00.00 WIB. “Ini untuk menyediakan transportasi umum selain taksi,” ujar Hendi, panggilan akrab Hendrar Prihadi.

Menurut dia, untuk jam operasi di atas pukul 18.00 WIB ada penyesuaian, yakni tidak sampai ke Meteseh seperti rute biasa, namun hanya sampai Simpang Lima. Keberangkatan ke Bandara, tambah dia, juga berawal dari Simpang Lima, tidak dari Meteseh ataupun Bukit Kencana Jaya.

Dengan rute yang lebih pendek untuk malam hari, Trans Semarang diharapkan bisa berangkat dari Bandara setiap 15 menit sekali. “Jadi yang tidak cocok memakai taksi Bandara, bisa memanfaatkan Trans Semarang untuk keluar dari Bandara,” tegas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, BRT Trans Semarang membuka layanan langsung dari Terminal Baru Bandara A Yani dengan merupakan perpanjang rute Koridor V Meteseh – PRPP menjadi Meteseh – Terminal Baru Bandara A Yani, mulai 6 Juni 2018, mulau 06.30 sampai 18.00 WIB. Dalam rentang waktu tersebut, jumlah penumpang yang bisa diangkut dari Bandara sekitar 4.704 penumpang setiap harinya.

Namun dengan perpanjangan waktu sampai pukul 24.00 WIB, jumlah penumpang yang bisa diangkut mengalami penambahan sekitar 1.008 penumpang. Dengan begitu mulai Selasa (12/60 Trans Semarang mampu mengangkut lebih dari 5 ribu penumpang dari Bandara A Yani, atau sekitar sepertiga dari total penumpang di Bandara.

Baca juga : BRT Trans Siap Angkut 4704 Penumpang Bandara

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan, saat dikonfirmasi membenarkan perpanjangan waktu tersebut. Saat dikonfirmasi jumlah penumpang yangbisa diangkut, dia belum bisa memberikan angka pasti. “Nanti kami kasih detilnya setelah beroperasi,”kata Ade kepada Joss, Senin (11/6).

Yang pasti, kata Ade, untuk memaksimalkan fungsi BRT Trans Semarang, PT Angkasa Pura telah sepakat menyediakan area seluas 64 m2 di ujung lintasan drop off penumpang untuk dimanfaatkan sebagai ruang tunggu BRT Trans Semarang. “Kita sedang mematangkan desain ruang tunggunya satu dua hari ini,” tuturnya.

Semenjak pindah ke terminal baru, peminat BRT Trans Semarang dari Bandara melonjak pesat. Kalau sebelumnya hanya sekitar 200 penumpang per hari, per Senin sudah lebih dari 200 penumpang yang menggunakan jasa Trans Semarang. Dengan penambahan jam operasi, dipastikan jumlah penumpang yang bisa dilayani akan melonjak signifikan.

Koridor V rute malam akan melayani rute Bandara – PRPP – Puri Anjasmoro – Jalan Siliwangi – Bundaran Kalibanteng – Jalan Pamularsih – Jalan Kaligarang – RSUP Kariadi – Jalan Dr Sutomo – Halte Transit Imam Bonjol – Jalan Kapten Pierre Tendean – Jalan Pemuda – Halte Transit Balai Kota Semarang – Pandanaran – Gramedia  dan memutar di Simpang Lima untuk kembali ke Bandara. (imn)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id