Press "Enter" to skip to content

2.220 Napi Bebas Di Hari Kemerdekaan RI ke 73

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Sebanyak 2.220 narapidana langsung bebas setelah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia memberikan remisi atau potongan hukuman 1 sampai 3 bulan kepada 102.976 narapidana pada peringatan 73 tahun Kemerdekaan RI.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami mengungkapkan remisi itu diberikan kepada narapidana yang memenuhi persyaratan administratif dan substantif, terutama yang berkelakuan baik dan aktif mengikuti pembinaan.

Menurut Sri, dari 102.976 narapidana yang mendapatkan remisi, sekitar 2.220 narapidana telah bebas, sementara 100.776 lainnya masih menjalani sisa pidananya.

“Remisi bukan sekadar pemberian hadian, namun momentum untuk mengembalikan marwah Pemasyarakatan di mana yang dibutuhkan bukan hanya peran strategis dan integritas narapidana dan petugas pemasyarakan, tetapi juga masyarakat,” tuturnya, Kamis (16/8).

Dia menjelaskan remisi yang diberikan kepada para narapidana kali ini telah menghemat anggaran biaya makan narapidana sebesar Rp118 miliar yang terdiri dari biaya makan per orang per hari sebesar rata-rata Rp14.700 dikalikan 8.091.870.

Menurutnya, dari total 100.776 narapidana yang menerima remisi, 25.084 narapidana menerima remisi 1 bulan, 22.739 orang menerima remisi 2 bulan, 29.451 orang menerima remisi 3 bulan, 14.170 orang menerima remisi 4 bulan, sementara penerima remisi 5 bulan berjumlah 7.691 dan 1.641 orang menerima remisi 6 bulan.

Baca juga : Jokowi Biayai Proyek Pasar Klewer Timur Dengan Dana CSR

“Remisi selayaknya menjadi harapan, harapan bagi Napi sehingga mereka menyadari akan pentingnya menegakkan integritas selama menjalani pidana. Sebaliknya, apabila melakukan pelanggaran, sanksi tegas akan ditegakkan,” kata Sri.

Sementara itu, di Semarang sebanyak 449 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kedungpane Semarang memperoleh pengurangan masa hukuman atau remisi dalam rangka HUT Kemerdekaan RI.

“Ada 449 napi yang sudah terbit surat keputusan tentang pengurangan masa hukuman,” kata Kepala LP Kelas I Kedungpane Semarang Dadi Mulyadi di Semarang, Kamis.

Dari jumlah tersebut, 431 napi akan memperoleh Remisi Umum 1, yakni napi yang masih memiliki sisa masa hukuman setelah memperoleh pengurangan, sedangkan 18 napi langsung bebas usai memperoleh remisi HUT Kemerdekaan RI itu.

Secara umum, lanjut dia, terdapat 544 napi yang diusulkan untuk memperoleh remisi. “Belum semua SK pengajuan turun, yang sudah turun baru 449 orang,” katanya.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Wilayah Jawa Tengah mencatat 6.344 narapidana yang mendekam di berbagai lembaga pemasyarakatan di provinsi itu akan memperoleh remisi dalam rangka HUT Kemerdekaan RI.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Wilayah Jawa Tengah Heni Yuwono mengatakan dari jumlah tersebut, 6.133 napi memperoleh remisi namun masih memiliki sisa masa hukuman yang harus dijalani.

“211 orang mendapat remisi umum II, langsung bebas setelah memperoleh pengurangan hukuman,” katanya. (ant/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id