Press "Enter" to skip to content

“Pulang Kampung” Presiden Mikronesia Ditawari Pesawat N-129

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Presiden Federasi Serikat Mikronesia, HE Peter M Christian tawari untuk membeli pesawat buatan PT DI N-219. Berkunjung ke Indonesia, presiden generasi ke 3 ini kelahiran Maluku ini akan pulang kampung ke Ambon.

Presiden Jokowi menyambut kehadiran Peter dengan upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor.  Peter tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pukul 10.10 WIB, Rabu (18/7)

Peter yang mengenakan setelan jas dan dasi warna biru langsung disambut oleh Jokowi di depan teras Istana Bogor.

Jokowi lalu mengajak Peter untuk foto bersama dan melakukan upacara kenegaraan. Lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Federasi Serikat Mikronesia dikumandangkan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali.

Usai lagu kebangsaan, Jokowi mengajak Peter untuk mengecek barisan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan barisan siswa-siswi SD yang mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi Indonesia. Para siswa-siswi SD tersebut memegang bendera Indonesia dan Mikronesia.

Selanjutnya, Jokowi dan Peter melakukan penanaman pohon di halaman belakang Istana Bogor. Pohon yang ditanam jenis kayu ulin atau biasa disebut kayu besi.

Jokowi kemudian mengajak Peter untuk bincang santai di beranda Istana Bogor atau biasa disebut ‘veranda talk’. Tidak diketahui apa saja yang dibahas dalam perbincangan tersebut.

Setelah itu, Jokowi dan Peter melakukan pertemuan billateral diikuti delegasi masing-masing negara dan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan pernyataan pers bersama.

Baca juga : Indonesia Negara Pertama Yang Dikunjungi Mahathir

Turut mendampingi Jokowi dalam menyambut Peter yakni, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sejumlah hal dibahas dalam pertemuan yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Jokowi mengatakan kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. Yang pertama, adalah peningkatan kerja sama di bidang kemaritiman dan konektivitas antarpulau

“Indonesia menawarkan pesawat N-219 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk dapat digunakan sebagai pesawat angkut antar pulau,” kata Jokowi saat memberikan keterangan persnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7).

Menurut dia, Presiden Christian cukup antusias dengan tawaran ini. Oleh sebab itu, pada Kamis (19/7) Presiden Christian akan mengecek langsung pabrik pesawat N-219, yaitu di PTDI.

“Presiden Chirstian besok akan berkunjung ke PTDI di Bandung,” ucapnya.

Selain kerjasama di bidang kemaritiman, Jokowi menambahkan kedua negara juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. Salah satunya dengan mengundang pebisnis Mikronesia untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia 2018 yang akan dilaksanakan Oktober mendatang di Tangerang.

“Kemudian yang ketiga untuk mendekatkan hubungan kedua negara, Indonesia berniat menunjuk konsul kehormatan untuk federasi Mikronesia,” terang Jokowi.

Kemudian, Jokowi mengaku Indonesia juga menawarkan beasiswa kepada Presiden Christian. Guna meningkatkan hubungam antarmasyarakat Indonesia. Dan terakhir, kerja sama pembangunan di berbagai bidang,” pungkasnya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id