Pembangunan Jembatan Tirtonadi Solo Terus Dikebut

jembatan tirtonadi
Aktivitas pembangunan Jembatan Tirtonadi Solo | Foto : facebook kemenpupr
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan penyelesaian pembangunan Jembatan Tirtonadi sepanjang 55 meter diatas aliran Kali Pepe selesai akhir tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan duplikasi Jembatan Tirtonadi itu kini sudah mencapai 39,49 persen. Total nilai kontrak pembangunan Jembatan Tirtonadi sebesar Rp 40,03 miliar dan dikerjakan oleh PT. Bima Agung – PT. Sari Mas Indah Sejahtera, KSO.

“Kita bangun duplikasi Jembatan Tirtonadi ke arah Purwodadi. Selama ini lalu lintas arah Solo-Purwodadi seringkali macet. Saat ini progresnya 39,49 persen dan di targetkan Desember 2018 ini selesai,” ujarnya saat meninjau penyelesaian pembangunan FO Manahan di Kota Solo, Jawa Tengah baru-baru ini.

PT Bima Agung selaku kontraktor proyek Penggantian Jembatan Tirtonadi Solo terpaksa menutup sementara Jl. Popda untuk keperluan proyek tersebut. Penutupan jalan yang membentang di wilayah Kelurahan Nusukan, Banjarsari, tersebut telah mendapat persetujuan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan beberapa waktu lalu PT Bima Agung telah memberi tahu Dishub bakal menutup Jl. Popda guna mendukung pelaksanaan proyek Penggantian Jembatan Tirtonadi. Penutupan jalan di utara aliran Kali Pepe hulu tersebut diajukan untuk tiga hari yakni Kamis-Sabtu (26-28/7).

“Penutupan jalan ini rencananya hanya diberlakukan selama tiga hari mulai Kamis ini. Kemarin kontraktor sudah telepon dan kirim surat ke Dishub,” katanya seperti dikutip dari Solopos.

Baca juga : 6 Ruas Jalan Tol Sepanjang 327 KM senilai Rp124 Triliun Dilelang

Seperti diketahui, PT Bima Agung telah memasang rambu petunjuk arah pengalihan arus lalu lintas di mulut Jl. Popda. Rambu petunjuk arah berwarna kuning tersebut dilengkapi juga dengan kalimat permohonan maaf kepada masyarakat karena jalan ditutup untuk mendukung proses pekerjaan jalan.

PT Bima Agung memberi petunjuk kepada para pengendara yang ingin masuk ke Jl. Popda dari simpang utara Jembatan Tirtonadi untuk lurus ke Jl. Piere Tendean. Sementara kendaraan dari arah Banyuanyar dan Jl. Ki Mangun Sarkoro yang ingin ke Jembatan Tirtonadi diarahkan masuk Jl. Adi Soemarmo arah Pasar Nusukan.

“Arus lalu lintas mesti dialihkan terlebih dahulu untuk mendukung proses pembangunan Jembatan Tirtonadi yang baru. Dalam pengaturan rekayasa lalu lintasnya, ada petugas dari Polsek Banjarsari juga yang ikut membantu mengarahkan para pengendara di lokasi,” jelas Ari.

Ari membenarkan jika penutupan Jl. Popda otomatis mempengaruhi skema penerapan manejemen rekayasa lalu lintas (MRLL) dalam rangka perbaikan Jl. S. Parman, Kelurahan Gilingan. Pengalihan bus besar yang semestinya lewat Jl. Popda saat pemberlakuan MRLL perbaikan Jl. S. Parman kini tak bisa dilakukan lagi.

Setelah berputar di simpang Joglo, bus mesti diarahkan masuk Jl. Piere Tendean. Bus-bus dari Surabaya, Sragen, hingga Karanganyar tak dimungkiri menjadi penyebab kemacetan di Jl. Piere Tendean. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*