DPRD Kota Semarang Desak Direksi Tirta Moedal Ditetapkan

tirta moedal
Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi | Foto : gesuri.id
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mendesak jajaran direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal segera menetapkan pejabat sementara yang saat ini mengisi kekosongan jabatan guna mengoptimalkan kinerja.

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengatakan di struktur kepemimpinan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal saat ini banyak terjadi kekosongan, seperti Direktur Utama, Direktur Tehnik dan Direktur Umum yang saat ini posisi tersebut ditempati oleh pejabat sementara.

Dia menuturkan, meski sudah diisi oleh pejabat sementara (Pjs), kata dia, kinerjanya tentu tidak bisa diharapkan secara optimal karena pikiran mereka tidak sepenuhnya tercurah di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang.

“Terjadi kekosongan di jajaran direksi, seperti direktur utama, direktur teknik, dan direktur umum. Ini berpengaruh dengan kinerja. Untuk itu kekosongan itu harus diisi pejabat dan didefinitifkan,” katanya, seperti dikuti dari Antara, Senin (9/7).

Supriyadi menuturkan kinerja Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah itu terus menurun dengan banyaknya aduan dari masyarakat terkait kelangsungan pasokan air minum di wilayah ini.

Ia mencontohkan kekurangan pasokan air baku yang mempengaruhi pelayanan air bersih bagi pelanggan di wilayah Semarang Timur, sebagian Semarang Utara dan Semarang Tengah beberapa waktu lalu.

Di beberapa wilayah, aliran air bersih PDAM yang semula terhambat akibat kurangnya pasokan air baku di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudu sudah mulai berjalan lancar, seperti di Tlogosari dan Bukit Kencana Jaya.

“Sebenarnya, ini pekerjaan rumah (PR) bersama karena dengan kekosongan jabatan direksi membuat pelaksana tugas (Plt) atau Pjs tidak bisa totalitas. Harusnya segera diangkat pejabat definitif,” katanya.

Diakuinya, Pjs mengemban jabatan lain selain yang dipegangnya di PDAM Kota Semarang sehingga dua jabatan yang diemban akan bisa membuatnya tidak maksimal dalam menjalankan tanggung jawab jabatan.

Dengan diangkatnya pejabat definitif, politikus PDI Perjuangan itu mengatakan para pejabat yang ditunjuk akan bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjamin pasokan air bersih di wilayah tersebut.

Baca juga : Gedung Parkir Pandanaran Tidak Atasi Kemacetan Kota Semarang

Apalagi, kata dia, legislatif sudah menyetujui peraturan daerah tentang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat yang dimaksudkan mengatasi persoalan air bersih bagi masyarakat Kota Semarang.

“Sekarang kan sudah berjalan proses rekrutmennya. Sesegera mungkin diselesaikan, didefinitifkan agar tanggung jawabnya jelas. Yang jelas, mereka harus orang yang profesional,” katanya.

Artinya, kata dia, pejabat yang akan menduduki jabatan di direksi PDAM Kota Semarang tidak hanya mementingkan profit, melainkan juga kepentingan pelanggan dalam pelayanan air bersih.

Sementara itu, sejumlah warga mengaku aliran air PDAM Kota Semarang sekarang ini sudah mulai lancar, seperti Sigit, warga Tlogosari yang mengaku sangat air PDAM.

“Kebetulan, saya tidak punya sumur. Jadi, mau nggak mau, satu-satunya, ya, semuanya pakai air PDAM. Alhamdulillah, sekarang ini sudah mulai lancar. Ndak kayak kemarin-kemarin,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*